Friday, 26 April 2024
HomeNasionalPimpinan Khilafatul Muslimin Abdul Qadir Baraja Ditangkap

Pimpinan Khilafatul Muslimin Abdul Qadir Baraja Ditangkap

Bogordaily.net – Pimpinan Abdul Qadir Baraja Ditangkap di Lampung. Selain pimpinannya polsi juga mengamankan sejumlah orang yang ada bersamanya.

Mereka akan dikenakan beberapa pasal belapis, di antaranya Undang-Undang organisasi masyarakat, UU ITE, penyebaran berita hoaks yang menimbulkan kegaduhan di masyarakat.

Kepala Divisi Humas Irjen Pol. Dedi Prasetyo menjelaskan, penangkapan dilakukan Polda Metro Jaya dengan dibantu Bareskrim , Densus 88 dan Polda Lampung.

“Saat ini penindakan ada di Polda Metro Jaya, dibantu Bareskrim , Densus 88 dan Polda Lampung,” kata Dedi disela-sela kegiatan donor darah menyambut HUT Bhayangkara ke-76 di Mabes , Jakarta, Selasa 7 Juni 2022.

Ada beberapa kejadian yang terjadi (locus delicti) di wilayah hukum Polda Metro Jaya, sehingga dilakukan penindakan terhadap kelompok tersebut.

berbasis di Lampung, termasuk pimpinannya, saat ditangkap berada di Lampung dan kini sedang dalam proses dibawa ke Polda Metro Jaya.

“Kini petugas sedang mendalami berapa orang yang diamankan, kemungkinan akan bertambah tersangkanya,” kata Dedi.

Mantan Kapolda Kalimantan Tengah itu menyebutkan ada beberapa pasal yang disangkakan terhadap , di antaranya Undang-Undang organisasi masyarakat, UU ITE, penyebaran berita hoaks yang menimbulkan kegaduhan di masyarakat.

“Mereka () memiliki koneksi jaringan memang pusatnya di Lampung. Pelaku di Lampung sudah beberapa kali lakukan pelanggaran pidana terorisme, terakhir pelanggaran protokol kesehatan ketika PPKM diberlakukan,” ujar Dedi.

Selain wilayah Lampung, penindakan juga dilakukan di Polres Brebes, Jawa Tengah. Menurut Dedi, ada keterkaitan penegakan hukum di Lampung dan Polres Brebes, Jawa Tengah.

“Keterkaitannya, Khilafatul Muslimin ini tidak hanya di Polda Metro Jaya, dan kemarin Polres Brebes sudah tetapkan beberapa tersangka, ini akan memiliki keterkaitan, akan dilakukan pendalaman lagi, untuk tersangka-tersangkanya,” ungkap Dedi.

Dedi menambahkan, kepolisian masih mendalami barang bukti yang ditemukan di tempat kejadian, guna pengembangan penyidikan.

Diketahui, pimpinan Khilafatul Muslimin Abdul Qodir Baraja pernah bergabung dengan kelompok Negara Islam Indonesia (NII).

Kepala Bagian Bantuan Operasi (Kabagbanops) Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror Kombes Pol. Aswin Siregar mengingatkan kelompok Khilafatul Muslimin memiliki rekam jejak keterkaitan dengan aksi terorisme dan radikalisme.

Kelompok Khilafatul Muslimin baru-baru ini viral usai melakukan konvoi menggunakan sepeda motor di wilayah Jakarta Timur, membawa atribut khilafah, Minggu (29/5) lalu. (Antara)

Sumber: suara.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here