Saturday, 27 April 2024
HomeBeritaProfil Osama Al-Bar, Wali Kota Makkah Keturunan Palembang

Profil Osama Al-Bar, Wali Kota Makkah Keturunan Palembang

Bogordaily.net– Salah satu kota di , Makkah dianggap sebagai tempat suci karena terdapat Ka'bah yang menjadi kiblat bagi umat muslim di seluruh dunia. Menyusul musim ibadah haji kali ini, Makkah pun menjadi salah satu tempat yang menyedot perhatian. Nah, berbicara soal Makkah, sang wali kota konon memiliki darah keturunan Indonesia. Tepatnya dari Palembang, Sumatera Selatan. Hal ini diketahui saat Anies Baswedan bertemu dengannya saat mengunjungi Masjidil Haram beberapa tahun lalu.

Dikutip dari akun facebook Anies Baswedan, pada postingan bertanggal 8 Juni 2017, Anies terlihat tengah berbicara dengan .

“Hari ini saya bertemu salah satunya di Masjidil Haram. Dia adalah Osama Al Bar, yang kakeknya berhijrah ke Timur Tengah dari Palembang, tanah asalnya. Kini sang cucu sedang menjalani amanah sebagai Walikota Makkah Al-Mukarramah dan ikut mewarnai sejarah panjang kota yang mulia ini,” tulis Anies Baswedan dalam keterangan unggahannya.

Lalu siapakah ini? Dilansir Sindonews.com dari situs The Business Year, Dr menjabat sebagai wali kota Makkah sejak tahun 1997.

Ia bergelar PhD dalam Fisika Lingkungan dari Nottingham, gelar Master di bidang Meteorologi, serta gelar Sarjana Sains dari College of Science, King Abdulaziz University, Jeddah, .

Sebelum menjadi wali kota Makkah, adalah Dekan dari Institute of The Custodian of the Two Holy Mosques for Hajj Research and Director General Designate of Hajj Research Center, UMAU.

Tak hanya itu, ia juga menduduki jabatan lain seperti Wakil Presiden Dewan Media Haji, Dewan Tinggi Pembangunan Makkah, Komite Sentral Haji, serta Komite Eksekusi Dewan Tinggi Pembangunan Makkah.

Dalam tugasnya sebagai wali kota Makkah, ia memiliki target khusus untuk mencapai angka 30 juta pengunjung umroh tahunan pada tahun 2030.

Melansir Oxford Business Group, dalam wawancara mengatakan pihaknya tetap optimis bisa merealisasikan target tersebut dan sudah memenuhi target 20 juta pengunjung umrah pada 2020.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here