Friday, 29 March 2024
HomeNasionalPuncak Kasus Covid BA.4 dan BA.5 Diprediksi Menkes Pada Bulan Juli

Puncak Kasus Covid BA.4 dan BA.5 Diprediksi Menkes Pada Bulan Juli

Bogordaily.net – Menteri Kesehatan (), Budi Gunadi Sadikin memprediksi kenaikan kasus Covid-19 subvarian BA.4 dan BA.5 di Indonesia akan menyentuh angka 20.000 per hari.

“Kira-kira nanti ya estimasi berdasarkan data di Afrika Selatan, mungkin puncaknya kita di 20.000 per hari,” ujar Budi di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Kamis 16 Juni 2022.

Budi menjelaskan, pihak Kemenkes telah memriset pola penyebaran subvarian BA.4 dan BA.5.

Menurut Budi, lonjakan kasus akibat BA.4 dan BA.5 hanya sepertiga dari puncak dan yang mencapai 60.000 per hari.

“Kami mempelajari polanya di negara lain seperti apa. Jadi, kita amati di Afrika Selatan sebagai negara pertama yang BA.4, BA.5 masuk, puncaknya itu sepertiga dari puncaknya atau Delta sebelumnya,” ungkapnya.

Kendati ada lonjakan kasus Covid-19, lanjut Budi, tingkat fatalitas atau kematian jauh lebih rendah dibandingkan dan .

“Yang kita perlu lihat adalah bahwa fatality ratenya atau kematiannya itu jauh lebih rendah mungkin 1/12 atau 1/10 dari Delta dan . Jadi, kita percaya bahwa nanti akan ada kenaikan kira-kira maksimalnya mungkin 20.000 per hari gitu,” tuturnya.

Pada kesempatan yang sama, Budi memprediksi puncak gelombang diprediksi akan terjadi pada minggu ketiga Juli 2022. Namun, Dia meyakini kasus Covid-19 di Indonesia akan kembali menurun.

“(Puncak) 1 bulan sesudah (kasus) diidentifikasi. Jadi sekitar minggu ketiga, minggu ke-4 Juli dan kemudian nanti akan turun kembali,” tukasnya.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here