Friday, 17 May 2024
HomePolitikRakernas Nasdem Khusus Jaring Tiga Nama Capres

Rakernas Nasdem Khusus Jaring Tiga Nama Capres

Bogordaily.net–  Partai menggelar Rapat Kerja Nasional atau . Ketua Umum Partai Surya Paloh menyebut Rakernas sengaja dihelat untuk menjaring figur calon presiden yang akan diusung di dan menegaskan, partainya tak mau mengekor pada hasil survei dalam menentukan capres.

Surya Paloh mengatakan, awalnya ingin membuka peluang terhadap figur calon potensial menjadi pemimpin lewat Konvensi Capres. Namun, sadar tak bisa mengusung langsung capres sehingga Konvensi dibatalkan diganti penjaringan melalui Rakernas.

“Maka yang hanya bisa dilakukan adalah menjaring aspriasi dari berbagai kalangan untuk menentukan 3 calon sebagai bakal capres yang akan dimajukan oleh ,” kata Surya Paloh dalam acara pembukaan Rakernas di Jakarta Convention Center, Jakarta, Rabu, 15 Juni 2022 malam sebagaimana dilansir Suara.com.

Melalui penjaringan tersebut, Surya mengatakan, berkomitmen memberikan ruang demokrasi terbuka bagi seluruh warga negara dengan proses pencalonan. Selain itu, enggan mengekor memilih capres hanya lewat hasil-hasil survei.

“Ini juga menunjukkan bahwa Partai tidak selalu membebek pada hasil-hasil survei dalam menentukan capresnya. Kita ingin ada kesempatan yang adil yang setara bagi semuanya tidak hanya pada ketua umum partai politik kepala daerah atau para menteri untuk menjadi seorang capres,” tuturnya.

Lebih lanjut, Surya mengatakan, dengan digelarnya Rakernas ini merupakan peneguhan kembali terhadap politik kebangsaan.

“Kita harus menyadari bahwa kompetensi dalam pemilu adalah sebuah keniscayaan dan itu hanyalah kompetisi yang akan berulang setiap lima tahun sekali yang lebih penting daripada itu adalah menjaga keutuhan dan eksistensi bangsa dan negara ini,” ujarnya.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here