Thursday, 25 April 2024
HomeBeritaRangkaian Puncak Ibadah Haji 2022, Berikut Jadwal dan Fasilitas yang Tersedia

Rangkaian Puncak Ibadah Haji 2022, Berikut Jadwal dan Fasilitas yang Tersedia

Bogordaily.net– Pelaksanaan 2022 akan memasuki puncak. Para jamaah akan berada di Arafah untuk melaksanakan wukuf, lalu berpindah ke Muzdalifah dan Mina. Dilansir Suara.com, berikut informasi rangkaian puncak 2022.

Arafah

Puncak 2022 telah dimulai saat wukuf di Arafah pada tanggal 9 Dzulhijjah 1443 H atau 8 Juli 2022. Seluruh jamaah Indonesia akan diajak dari Makkah ke Arafah pada 8 Dzulhijjah. Proses wukuf di Arafah dimulai sejak waktu Dhuhur sampai terbenamnya matahari pada 9 Dzulhijjah. Setelah itu, jemaah mulai menuju ke Muzdalifah untuk mabit (bermalam), lalu pada tengah malam jamaah diberangkatkan ke Mina.

Muzdalifah

Jamaah akan berada di Muzdalifah hingga tengah malam menyiapkan batu kerikil untuk lempar jumrah di jamarat, Mina. Setelah melewati tengah malam hingga dini hari, selanjutnya jamaah diberangkatkan ke Mina untuk melontar jumrah.

Mina

Jamaah akan berpindah ke Mina. Selama di Mina, jamaah tinggal selama 3 hari, mulai tanggal 10 sampai dengan 13 Dzulhijjah 1443 H (9-12 Juli 2022). Pada hari pertama di Mina, jamaah akan melontar jumrah aqabah. Lalu hari selanjutnya, jamaah akan melontar jumrah Ula, Wustha, dan Aqaba. Untuk jumlah batu kerikil saat lempar jumrah nafar awal adalah sebanyak 49 butir sampai 12 Dzulhijjah. Lalu, sebanyak 70 butir bagi nafar tsani menyelesaikan lontar jumrah sampai 13 Dzulhijjah.

Untuk jamaah yang mengambil nafar awal menginap hingga tanggal 12 Dzulhijjah. Sementara itu, jamaah yang mengambil Nafar Tsani menginap hingga 13 Dzulhijjah. Kemudian setelah itu, jamaah akan kembali ke Makkah.

Fasilitas Puncak Haji

Sementara itu selama berada di Arafah, Muzdalifah, dan Mina, seluruh jamaah haji Indonesia akan disediakan layanan bus dengan sistem shuttle atau taraddudi (bus yang berputar). Jumlah bus yang disediakan selama puncak haji dari Makkah ke Arafah sebanyak 21 bus, Arafah ke Muzdalifah adalah  7 bus dan Muzdalifah ke Mina adalah 5 bus.

Jumlah bus ini telah ditentukan secara khusus oleh pemerintah Arab Saudi. Perlu diketahui, jarak Makkah ke Arafah sekira km, jarak Arafah ke Muzdalifah sekira 10 km, dan Muzdalifah ke Mina kurang lebih berjarak 5 km. Selain itu, perlu layanan konsumsi selama jamaah haji berada di Arafah, Muzdalifah, dan Mina akan diberikan sebanyak 16 kali.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here