Thursday, 25 April 2024
HomeBeritaResiko Penderita Diabetes Tipe 2 Bisa 'Bego' Lebih Cepat, Ini Penyebabnya

Resiko Penderita Diabetes Tipe 2 Bisa ‘Bego’ Lebih Cepat, Ini Penyebabnya

Bogordaily.net – Resiko penderita Tipe 2 ternyata cukup berbahaya salah satunya bisa ‘bego' lebih cepat. Sebuah temuan oleh tim peneliti dari AS dan Inggris menunjukkan bahwa penderita diabates tipe 2 berisiko mengalami penurunan kognitif seiring bertambahnya usia.

Menurut studi, Resiko penderita Tipe 2 itu kemungkinannya disebabkan oleh bagian otak yang menyusut lebih cepat daripada yang bukan penderita tipe 2.

Dalam studi ini, peneliti menganalisis data seribu penderita tipe 2 dan lebih dari 19.000 sehat, semuanya berusia 50 hingga 80 tahun.

Peneliti mendapati hasil tes kognitif penderita lebih buruk. Pemindaian otak juga menunjukkan bahwa beberapa daerah otak mereka menyusut lebih cepat, terutama pada penderita yang lebih lama.

Menurut peneliti, dilansir New Scientist, hal itu terjadi karena sel-sel otak penderita tidak merespons insulin dengan baik karena tidak dapat mengambil semua glukosa yang dibutuhkan.

“Kami pikir neuron kekurangan energi, dan akibatnya, sekarat,” kata peneliti Lilianne Mujica-Parodi dari Stony Brook University, New York.

Peneliti tidak melihat efek yang sama pada tipe 1.

Rekan peneliti Peter Flatt dari Ulster University, Inggris, mengatakan hasil ini memperkuat pentignya penderita tipe 2 mencoba menjaga gula darah dalam kadar normal untuk mencegah dampak penurunan kognitif ini.

dikaitkan dengan banyak komplikasi, termasuk mata, ginjal, dan sirkulasi. Tidka mengherankan bahwa otak juga terpengaruh,” tandas Flatt. ***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here