Friday, 19 April 2024
HomeNasionalRumah Gratis Diberikan Kepada ASN yang Pidah ke IKN Nusantara

Rumah Gratis Diberikan Kepada ASN yang Pidah ke IKN Nusantara

Bogordaily.net – Negara akan berikan rumah secara gratis bagi Seluruh Aparatur Sipil Negara () yang pindah ke Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

Wakil Kepala Otorita Dhony Rahajoe mengatakan, semua dan TNI Polri bagi yang pindak ke tidak harus membeli rumah. Sebab, negara sudah membelikan untuk mereka.

dan TNI Polri yang akan pindah ini, rumahnya berarti tidak beli. Jadi yang beli itu negara,” ungkapnya, dikutip dari Kompas.com, Sabtu, 11 Juni 2022.

Rumah tersebut diberikan kepada hingga masa jabatannya selesai. Dengan demikian, ketika mereka sudah pensiun, rumah tersebut akan diisi oleh pegawai lainnya yang belum mendapat haknya.

Dhony menegaskan, rumah dinas itu diberikan secara gratis bagi . Namun, tidak diperbolehkan untuk menjualnya.

”Rumah /TNI/Polri itu misalnya ya, itu kan rumah dinas tipe 1. Itu tidak boleh dijualbelikan oleh /TNI/Polri. Sehingga, bangunan yang berdiri di atas tanah tersebut akan tetap dimiliki dan menjadi barang milik negara,” ungkapnya.

Selanjutnya, apabila ada pengembang yang ingin berpartisipasi untuk membangun rumah dinas tipe 1, tidak perlu mengurus masalah pertanahan dan perizinannya. Mereka hanya perlu untuk memikirkan investasi bangunan (konstruksi).

”Kan lebih ringan, perizinannya juga sudah kita bantu. Ini beda sekali dan lebih mudah,” sambung Dhony.

Setidaknya, 11.000 rumah akan dibangun oleh pengembang lokal dan 2.000 unit lainnya oleh pengembang asing. Dengan demikian, totalnya mencapai 13.000 unit.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here