Thursday, 25 April 2024
HomeBeritaRusuh di Penjara Kolombia, 49 Napi Tewas

Rusuh di Penjara Kolombia, 49 Napi Tewas

Bogordaily.net rusuh. Para narapidana di itu terlibat bentrok, 49 orang dikabarnya tewas dalam bentrokan tersebut.

Sesama tahanan di itu saling serang hingga mengakibatkan pertumpahan darah. Belum diketahui pasti penyebab kerusuhan berdarah itu. Kini dalam penanganan pemerintah setempat.

Demikian dilaporkan kepala badan nasional lembaga pemasyarakatan negara setempat atau INPEC.

“Ini kejadian tragis dan merupakan bencana,” kata Kepala INPEC Jenderal Tito Castellanos, seperti dikutip Antara, Selasa 28 Juni 2022.

Ia menyebutkan bahwa itu dihuni oleh total 1.267 tahanan. Belum ada keterangan yang jelas soal penyebab bentrokan tersebut.

Presiden Kolombia, Ivan Duque, yang sedang melakukan kunjungan ke Portugal, mengatakan di Twitter bahwa insiden itu akan diselidiki.

“Kami menyesalkan adanya peristiwa itu yang muncul di Tulua, Valle del Cauca. Saya menjalin kontak dengan (Jenderal Tito Castellanos) dan saya sudah memerintahkan agar investigasi dilaksanakan agar kita bisa mendapatkan kejelasan terkait keadaan yang mengerikan ini,” kata Duque.

Negara yang terletak di kawasan pegunungan Andes ini banyak membebaskan sejumlah narapidana ketika wabah Covid-19 menyebar.

Pembebasan tahanan itu dilakukan setelah lebih dari 20 narapidana tewas selama 2020 dalam serangkaian aksi memprotes kondisi dan layanan yang tak memadai di .

Di negara tetangga Kolombia, Ekuador, selama tahun lalu ratusan orang tewas di -. Menurut pemerintah kekerasan terjadi terkait dengan persaingan antar kelompok narkoba.

Sumber: suara.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here