29.221 Jemaah Haji Diberangkatkan dari Bandara Soekarno-Hatta

Menu

Mode Gelap
Sekolah SMPN 16 Kota Bogor Digondol Maling, Kerugian Capai Rp 15 juta Siap-siap, Uji Coba Kelas BPJS Kesehatan Dihapus Besok Diisukan Hamil Anak Jay Park, Ini Tanggapan Jessi SuaraPemerintah.ID dan TRAS N CO Indonesia Berikan Penghargaan Istimewa untuk BPR Korea Utara Beberkan AS-Korsel-Jepang Mulai Membentuk “NATO Versi Asia”

Haji 2022 · 23 Jun 2022 10:05 WIB

Sebanyak 29.221 Jemaah Haji Sudah Diberangkatkan dari Bandara Soekarno-Hatta


 70 Persen Jemaah Haji Diberangkatkan dari Bandara Soekarno Hatta. (telusur/Bogordaily.net) Perbesar

70 Persen Jemaah Haji Diberangkatkan dari Bandara Soekarno Hatta. (telusur/Bogordaily.net)

Bogordaily.net – PT Angkasa Pura II (Persero) menyampaikan bahwa penerbangan haji berjalan lancar di lima bandara AP II yang ditetapkan sebagai embarkasi keberangkatan jemaah haji 1443 Hijriah/2022. Sebanyak 29.221 jemaah haji sudah diberangkatkan di Bandara Soekarno-Hatta (Soeta). President Director AP II Muhammad Awaluddin mengatakan, seluruh pemangku kepentingan di bandara terus berkoordinasi untuk memastikan penerbangan haji 2022 dapat berjalan dengan lancar.

“Penyelenggaraan angkutan haji 2022 adalah yang pertama sejak dua tahun terakhir. Karena itu, seluruh stakeholder Bandara Soekarno-Hatta berkoordinasi erat agar penyelenggaraan angkutan haji 2022 berjalan dengan baik, termasuk mendukung inisiatif Makkah Road,” kata Muhammad Awaluddin dilansir ANTARA, Kamis, 23 Juni 2022.

Selain itu Awaluddin menjelaskan, bandara AP II yang ditetapkan sebagai embarkasi keberangkatan haji adalah Bandara Soekarno-Hatta (Tangerang), Bandara Kualanamu (Deli Serdang), Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II (Palembang), Bandara Sultan Iskandar Muda (Aceh) dan Bandara Minangkabau (Padang).

Pada periode 4-21 Juni 2022 sebanyak 79 penerbangan haji dari Bandara Soekarno-Hatta sudah diberangkatkan untuk mengantar 20.475 jemaah haji ke Tanah Suci, di mana jumlah itu sudah mencapai 70 persen dari total 29.221 jemaah haji yang direncanakan berangkat dari Bandara Soekarno-Hatta.

Diketahui, Bandara Soekarno-Hatta menjadi tempat pemberangkatan seluruh cakon jamaah haji dari berbagai kota di Indonesia. Lebih lanjut, Awaluddin mengutarakan, Bandara Soekarno-Hatta adalah satu-satunya bandara di Indonesia dengan fasilitas Makkah Road yang merupakan inisiatif dari pemerintah Arab Saudi dan Indonesia untuk mempermudah proses keimigrasian jemaah haji asal Indonesia untuk masuk ke Arab Saudi.

Melalui inisiatif Makkah Road yang juga disebut dengan fast track keimigrasian Arab Saudi, jamaah haji dapat menjalani proses pre-clearance keimigrasian Arab Saudi di Bandara Soekarno-Hatta sebelum berangkat dengan pesawat menuju Tanah Suci. Hal ini mempermudah jemaah haji saat tiba di bandara Jeddah atau Madinah untuk dapat memasuki wilayah Arab Saudi.

“Di dalam mendukung inisiatif Makkah Road, AP II menyiapkan seluruh fasilitas yang dibutuhkan di Terminal 2 termasuk juga bersama stakeholder menetapkan alur keberangkatan jemaah haji mulai dari asrama haji, lalu menuju area Makkah Road, hingga naik pesawat,” ujarnya.

Fasilitas yang disiapkan AP II antara lain area Central Corridor Terminal 2 berkapasitas sekitar 900-1.000 orang sebagai tempat menunggu (area holding) para jamaah, sebelum menuju ruangan lain yang dilengkapi 15 kounter imigrasi Arab Saudi memproses pre-clearance keimigrasian Arab Saudi melalui skema Makkah Road.

Melalui 15 konter imigrasi Arab Saudi tersebut, diperkirakan setiap jamaah melakukan pre-clearance imigrasi dalam waktu 60 detik.

Di sekitar area tempat penerapan skema Makkah Road ini, AP II juga menyiapkan antara lain berbagai fasilitas umum yang dapat digunakan untuk kebutuhan jemaah haji termasuk 2 musala sementara di area holding dan musala di area boarding lounge.

Ia menambahkan, inisiatif Makkah Road dapat diterapkan dengan baik di Bandara Soekarno-Hatta.

“Penerapan inisiatif Makkah Road menjadi bagian dari pelayanan penerbangan haji kepada jemaah haji, dan kami berharap dapat menambah kenyamanan khususnya terkait proses keimigrasian Arab Saudi,” pungkasnya.*

Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Redaktur

Baca Lainnya

Inilah Ma’la Makam Mbah Moen, Ulama Kharismatik Indonesia di Makkah

1 Juli 2022 - 21:49 WIB

Sejarah dan Makna Hari Tarwiyah dan Arafah

1 Juli 2022 - 16:05 WIB

gagal ke tanah suci

Kisah Pria Rela Jalan Kaki Hampir 1 Tahun Demi Naik Haji

1 Juli 2022 - 08:53 WIB

Ambulans Indonesia Jadi Percontohan Negara Lain di Arab Saudi

1 Juli 2022 - 08:00 WIB

Kemenag Terjunkan 782 Tenaga Kesehatan, Jelang Puncak Ibadah Haji 2022

30 Juni 2022 - 21:54 WIB

Jadwal Lempar Jumrah Alami Perubahan, Berikut Informasi Lengkapnya

30 Juni 2022 - 15:51 WIB

jadwal lempar jumrah
Trending di Haji 2022