Thursday, 25 April 2024
HomeBeritaSelain Diguncang Gempa Dahsyat, Afghanistan Juga Diterjang Banjir

Selain Diguncang Gempa Dahsyat, Afghanistan Juga Diterjang Banjir

Bogordaily.net– tengah dilanda bencana. Selain dahysat, juga diterjang di sejumlah wilayah. Kementerian Penanganan Bencana Alam versi Taliban melaporkan sebanyak 400 orang tewas.

“Yang terluka telah dibawa ke rumah sakit. Orang yang pemukimannya terdampak banjir, mereka telah dievakuasi dan diungsikan ke tenda,” kata Wakil Menteri Penanganan Bencana Alam, Mawlawi Sharfuddin Muslim, dikutip CNN Indonesia dari Tolo News.

Badan itu juga menjelaskan bencana telah menimbulkan kerugian finansial bagi masyarakat. Berbagai provinsi di dilanda hujan lebat dan banjir dalam beberapa hari terakhir.

Banjir melanda Provinsi Kunar, Nangarhar, Nuristan, Laghman, Panjshir, Parwan, Kabul, Kapisa, Maidan Wardak, Bamiyan, Ghazni, Logar, Samangan, Sar-e-Pul, Takhar, Paktia, Khost, Daikundi, dan beberapa area Salang.

“Banjir melanda ratusan hektare dan masih ada lahan yang terendam air,” kata seorang warga Kunduz, Ahmadullah.

“Akibat hujan lebat kemarin malam, atap rumah seorang warga roboh, menyebabkan satu pria tewas dan lima lainnya terluka,” ujar warga di Distrik Archin, Provinsi Nangarhar, Hamidullah Shinwari.

Sebelumnya diberitakan dilanda bermagnitudo 6,1 pada Rabu, 22 Juni 2022. dahyat itu telah menelan setidaknya lebih dari 1.000 orang tewas dan angka tersebut diprediksi bakal bertambah.

Pejabat Kementerian Dalam Negeri versi Taliban, Salahuddin Ayubi, mengatakan angka kematian itu kemungkinan bakal meningkat, mengingat beberapa desa berada di daerah terpencil di pegunungan. Kementerian Luar Negeri RI memastikan yang mengguncang tak menelan korban jiwa dari warga negara Indonesia atau WNI.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here