Saturday, 18 May 2024
HomeBeritaSelain Rasanya yang Enak, Berikut Manfaat Ikan Bawal Bagi Kesehatan Tubuh

Selain Rasanya yang Enak, Berikut Manfaat Ikan Bawal Bagi Kesehatan Tubuh

Bogordaily.net bawal merupakan salah satu jenis yang sering dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Dibalik daging nya yang lembut, bawal memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh.

Dagingnya yang lembut dan rasanya yang lezat menjadikan ini salah satu hidangan laut favorit. Terlebih lagi, terdapat sejumlah manfaat bawal untuk kesehatan yang tak boleh diremehkan.

Berikut manfaat bawal untuk kesehatan tubuh

1. Membantu mencegah stroke

Salah satu potensi manfaat bawal untuk kesehatan adalah mencegah atau menurunkan risiko penyakit stroke. Pasalnya, ini mengandung asam lemak omega-3.

Kandungan omega-3 di dalam bawal dipercaya bisa menurunkan risiko stroke sebanyak 21 persen dan menurunkan tingkat keparahannya hingga 50 persen.

Ditambah lagi, asam lemak ini juga dianggap mampu meningkatkan fungsi sel otak dan mengurangi peradangan pada saraf.

2. Mendukung pertumbuhan otak anak

Saat masih bayi, perkembangan otak anak perlu dirangsang supaya optimal. Salah satu cara untuk mendukung perkembangannya adalah memberikan makanan yang mengandung asam lemak omega-3 DHA (docosahexaenoic acid) dan EPA (eicosapentaenoic acid).

Di dalam kongres International Society for the Study off Fatty Acids and Lipids (ISSFAL) pada 2011, sejumlah ahli menyatakan bahwa kedua jenis asam lemak omega-3 tersebut dapat memberikan dampak baik pada neurokognitif anak-anak.

bawal dipercaya memiliki kandungan kedua nutrisi tersebut. Maka dari itu, cobalah perkenalkan anak dengan daging ikan bawal sejak dini.

3. Baik untuk kesehatan mata

Asam lemak omega-3 yang dikandung ikan bawal tidak hanya berdampak baik untuk pertumbuhan anak saja. Asam lemak ini juga dinilai mampu menyehatkan mata dan mencegah penyakit seperti degenerasi makula.

Terlebih lagi, ikan bawal diyakini mengandung retinol yang baik untuk kesehatan mata. Atas dasar inilah, konsumsi ikan bawal direkomendasikan untuk membantu memperkuat indra penglihatan.

4. Membantu mencegah penyakit tulang

Manfaat ikan bawal yang lainnya adalah membantu mencegah penyakit tulang, seperti osteomalacia hingga rakitis, pada anak-anak hingga orang dewasa.

Sebab, ikan bawal mengandung vitamin D yang baik untuk tulang. Kekurangan vitamin ini dipercaya dapat menyebabkan tulang menjadi lunak dan mudah patah.

5. Membantu menurunkan berat badan

Bagi Anda yang sedang menjalani program diet, ikan bawal dapat menjadi makanan yang tepat untuk disantap.

Selain rendah karbohidrat, ikan yang bentuknya seperti ikan piranha ini rendah kalori sehingga cocok untuk dimakan saat diet.

6. Menurunkan risiko demensia

Demensia adalah penyakit yang menyerang daya ingat. Selain menjalani pola hidup sehat, Anda juga perlu mengonsumsi makanan sehat dan bergizi seimbang untuk mencegah penyakit ini. Salah satu makanan sehat yang bisa dikonsumsi adalah ikan bawal.

Ikan ini mengandung asam lemak omega-3 DHA dan EPA yang dipercaya mampu merangsang jaringan otak dan sel sehingga dinilai membantu menurunkan risiko demensia.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here