Saturday, 4 May 2024
HomeBeritaSelain Wangi, Ini Beberapa Manfaat Daun Eucalyptus Untuk Tubuh

Selain Wangi, Ini Beberapa Manfaat Daun Eucalyptus Untuk Tubuh

Bogordaily.net – Dalam unggahan di Instagram pribadinya, Gubernur Jawa Barat menuliskan bahwa jasad anak sulung nya Eril ditemukan dalam kondisi utuh dan wangi seperti . Seperti apakah itu? Dan manfaat apa yang dipunya oleh ?

Eucalyptus adalah pohon cemara yang tumbuh di Australia dan sebagian Asia, termasuk Indonesia. Eucalyptus yang memiliki lebih dari 700 spesies ini dapat digunakan untuk mengurangi gejala, seperti batuk dan pilek, termasuk menghilangkan rasa sakit otot dan sendi.

Tanaman eucalyptus atau kayu putih tergolong dalam famili jambu-jambuan atau Myrtaceae, yang berasal dari Australia, Tasmania, dan sekitarnya, melansir Britannica.

Eucalyptus tumbuh dengan cepat, dan banyak spesies mencapai ketinggian yang luar biasa hingga puluhan meter. Kayu eucalyptus banyak digunakan di Australia sebagai pohon peneduh, bahan bakar, pagar, serta fondasi bangunan.

Namun, yang membuat eucalyptus menjadi golongan tanaman paling berharga secara ekonomi adalah khasiatnya dalam dunia medis. Manfaatnya yang serbaguna untuk segala penyakit, membuat eucalyptus tersebar dan dibudidayakan di seluruh dunia.

Berikut manfaat untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan, dilansir dari berbagai sumber:

1. Tinggi antioksidan

Meskipun Anda tidak bisa makan daun eukaliptus segar yang utuh, daun kering dapat dibuat menjadi teh. Hati-hati jangan sampai salah mengira teh ini sebagai minyak kayu putih, yang bisa menjadi racun jika dikonsumsi.

Pilih teh yang berlabel “Eucalyptus”, dan jangan menambahkan minyak esensial kayu putih ke dalam teh Anda. adalah sumber antioksidan, terutama flavonoid, yang melindungi tubuh Anda dari stres oksidatif dan kerusakan akibat radikal bebas.

2. Meredakan batuk

Selama bertahun-tahun, minyak eucalyptus telah menjadi salah satu komposisi dalam obat untuk meredakan batuk. Kandungan aktif antibakteri, virus, dan jamur bertindak sebagai ekspektoran untuk mengencerkan lendir.

Untuk melegakan tenggorokan dan memecah lendir, Anda bisa menghirup uap yang telah dicampur minyak esensial eucalyptus. Bisa juga menggunakan obat gosok atau salep topikal yang mengandung eucalyptus.

3. Menyehatkan rambut

Jika Anda mengalami masalah rambut rontok maupun kutu rambut, cobalah produk perawatan berbasis eucalyptol.

Sifat anti-mikroba, anti-jamur, dan herbisida dalam eucalyptol dapat mencegah peradangan kulit kepala sehingga merangsang pertumbuhan rambut yang sehat. Kemudian, kandungan antiseptik dalameucalyptol dapat menenangkan kulit kepala, mengurangi rasa gatal, serta menghilangkan kutu rambut.

4. Meredakan Pilek

Eucalyptus banyak digunakan sebagai obat flu alami dan merupakan bahan umum dalam produk pilek dan batuk. Penelitian telah menunjukkan bahwa itu dapat mengurangi lendir dan memperluas bronkus dan bronkiolus paru-paru Anda.

Ini juga merupakan agen anti-inflamasi alami. Bahan utama yang bertanggung jawab atas sifat-sifat ini adalah eucalyptol, juga dikenal sebagai cineole, yang merupakan senyawa yang ditemukan dalam minyak kayu putih.

5. Meringankan asma

Penelitian awal menunjukkan bahwa eucalyptol dapat memecah lendir pada orang dengan penyakit asma atau sesak napas.

Bahkan beberapa orang dengan kondisi asma yang parah dapat menurunkan dosis steroidasinya jika mereka menggunakan terapi eucalyptol.

Namun sebelum mencobanya, pastikan Anda berkonsultasi dan mendapatkan rekomendasi dokter, serta berhati-hatilah bagi yang memiliki alergi kayu putih karena justru bisa memperburuk asma.***

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here