Friday, 10 May 2024
HomeBeritaSering Gagal Diet? Coba Perhatikan 7 Hal Ini

Sering Gagal Diet? Coba Perhatikan 7 Hal Ini

Bogordaily.net – Banyak yang salah persepsi, gagal sering terjadi karena sering disalah artikan. Banyak dari mereka yang melakukan ketat hingga yang tidak direkomendasikan oleh ahli gizi tanpa mengetahui dampak yang ditimbulkan nantinya bagi kesehatan tubuh.

Selain itu, ada juga yang berkali-kali melakukan terapi akan tetapi selalu gagal karena minimnya literasi dan lemahnya konsisten dalam melakukan .

Nah dikutip dari berbagai sumber, berikut 7 hal yang membuat dietmu selalu gagal:

1. Pola makan tidak teratur

bukan berarti menghilangkan salah satu waktu makan ataupun menggandakan waktu makan. Dalam , baik untuk menaikkan berat badan ataupun menurunkan berat badan, pola makan tetap dianjurkan sebanyak 3 kali sehari, yaitu makan pagi, makan siang, dan makan malam.

Menggandakan waktu makan malah akan menyebabkan double porsi sehingga asupan kalori menjadi berlebih dan berpotensi menumpuk lemak didalam tubuh.

2. Menghilangkan waktu makan pagi

Bagi sebagian orang makan pagi atau sarapan selalu menjadi waktu makan yang selalu diabaikan. Padahal faktanya sarapan sangat penting untuk metabolisme tubuh.

Sarapan berfungsi untuk memberikan energi ketika akan memulai aktifitas di pagi hari, serta mencegah konsumsi makanan berlebih saat waktu makan siang.

Selain itu sarapan juga berfungsi untuk memberi asupan energi ke otak agar dapat berkonsentrasi lebih optimal dan menjaga tubuh tetap segar.

3. Jarang makan sayur dan buah

Mengutip dari Medical News Today, sayur dan buah mengandung beragam jenis vitamin, mineral, hingga serat yang sangat baik bagi tubuh terutama dalam mencegah penyakit jantung, pembuluh darah dan kanker, serta dapat melancarkan pencernaan. Selain itu, konsumsi sayur dan buah juga dapat mempertahankan rasa kenyang lebih lama sehingga nafsu makan dapat terkontrol.

4. Kurang aktivitas fisik

Selain dari makanan, ternyata aktivitas fisik juga sangat berpengaruh dalam . penelitian menyebutkan bahwa kurangnya aktivitas fisik berkaitan dengan penumpukan lemak ditubuh, terutama di bagian perut (lemak viseral) yang sangat berbahaya bagi organ tubuh seperti jantung, hati, lambung, dan usus.

Melakukan aktivitas fisik minimal 30 menit perhari akan membantu pembakaran lemak di tubuh sehingga memaksimalkan pembentukan otot dan penurunan berat badan berlebih.

5. Suka begadang

Sering tidur larut malam akan mengganggu laju metabolisme tubuhmu dan berpotensi memicu rasa lapar saat tengah malam. Inilah yang menyebabkan berat badan terus naik karena waktu makan yang salah.

Ada baiknya waktu makan tidak lebih dari pukul 7 malam dan usahakan mulai tidur saat waktu sudah menunjukkan pukul 10 malam sehingga metabolisme tubuh tetap terjaga.

6. Hobi makan fast food atau junk food

Jam kerja yang padat sering menjadi alasan bagi setiap orang untuk mengonsumsi fast food ataupun junk food seperti gorengan dan mi instan.

Padahal makanan ini dapat menyebabkan penumpukan lemak di tubuh, selain itu juga meningkatkan resiko penyakit jantung dan pembuluh darah. Konsumsi makanan dengan gizi seimbang adalah pilihan utama dalam .

7. Menggunakan obat

Obat diet selalu jadi primadona bagi sebagian orang karena ingin cepat mendapatkan hasil yang instan. Padahal faktanya obat diet ini memiliki risiko dan efek ketergantungan yang membahayakan kesehatan. Selain itu obat diet juga berpotensi menganggu laju filtrasi ginjal yang meningkatkan resiko penyakit ginjal.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here