Friday, 10 May 2024
HomeBeritaSering Insomnia? Coba Lakukan 4 Hal Ini Agar Tidur Cepat

Sering Insomnia? Coba Lakukan 4 Hal Ini Agar Tidur Cepat

Bogordaily.net atau yang biasanya disebut dengan insomnia banyak dikeluhkan remaja jaman sekarang. Lalu, bagaimana cara mengatasinya?

Diktuip dari Yoursay, berikut ini adalah beberapa tips yang bisa kamu terapkan agar bisa tidur lebih cepat :

1. Jauhkan gadget dari jangkauan

Salah satu penyebab utama banyaknya orang sulit tidur pada malam hari adalah karena bermain gadget sampai lupa waktu. Ada yang keasikan chatting, ada yang terlarut dalam drama, ada yang hanya sekadar scrolling media sosial.

Hal pertama yang harus dilakukan agar bisa tidur cepat adalah jauhkan segala macam gadget dari jangkauan. Jika perlu, letakkan gadget di dalam laci atau di atas meja yang agak jauh.

2. Sadari bahwa tidak semua hal harus kita lakukan dalam satu hari

Kebiasaan yang dilakukan ketika tidak memegang gadget adalah bengong atau melamun. Ada berbagai macam pikiran dan renungan yang menghampiri kita, sehingga membuat kita overthinking dan tidak bisa tidur.

Kita harus sadar bahwa kita sudah melakukan yang terbaik selama lagi hingga malam ini, dan tidak semua hal atau pekerjaan harus kita selesaikan dalam satu hari. Kita masih bisa mengharapkan hari esok.

3. Pilih aktivitas malam yang sehat

Sesaat sebelum tidur, lakukan aktivitas yang lebih sehat seperti membaca buku, bermeditasi, atau kegiatan bermanfaat lainnya, usahakan untuk tidak bergantung pada gadget.

Membaca buku bisa jadi pilihan yang tepat. Kadang kita akan merasa mengantuk ketika membaca buku saat sekolah atau kuliah, lantas kenapa tidak kita terapkan untuk membuat kita tertidur di malam hari.

4. Bersihkan diri sebelum tidur

Salah satu hal yang berpengaruh pada kualitas tidur kita adalah kebersihan diri. Sebelum merebahkan diri ke tempat tidur, jangan lupa untuk membersihkan diri seperti mencuci muka dan menggosok gigi.

Kita juga bisa menggunakan aroma terapi untuk membantu tubuh kita rileks. Jangan sampai kita tidur dalam keadaan yang membuat kita tidak nyaman, karena hanya akan membuat tubuh terasa lemas ketika bangun keesokan harinya.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here