Friday, 26 April 2024
HomeNasionalSiap-siap, Uji Coba Kelas BPJS Kesehatan Dihapus Besok

Siap-siap, Uji Coba Kelas BPJS Kesehatan Dihapus Besok

Bogordaily.net – Uji coba pemberlakukan peghapusan Kelas Rawat Inap Standar (KRIS) 1, 2 dan 3 BPJS akan dimulai besok, Jumat 1 Juli 2022.

Uji coba tersebut akan digelar di lima ruma sakit (RS) milik pemerintahan.

“Berdasarkan koordinasi dengan DJSN dan Kemenkes, bahwa Juli adalah uji coba penerapan KRIS di 5 rumah sakit pemerintah saja,” kata Pps Kepala Humas BPJS Arif Budiman, dikutip dari Detik, Kamis 30 Juni 2022.

Arif mengatakan, sekitar 2.800 rumah sakit di seluruh Indonesia melayani peserta Jaminan Nasional ().

Menurutnya, secara umum pelayanan untuk peserta di rumah sakit masih berlangsung seperti sedia kala

Adapun uji coba ini bertujuan melihat kesiapan rumah sakit dalam menerapkan 9-12 kriteria KRIS yang sudah ditetapkan. Dalam hal ini ada beberapa standar khusus yang sudah ditentukan.

“Misal ketersediaan tempat tidur maksimal empat dalam satu ruangan, standar ketersediaan tenaga , standar suhu ruangan, dan sebagainya,” sambung Arif.

Menurutnya hal ini demi meningkatkan standar pelayanan, keamanan, hingga kenyamanan para peserta.

Terkait isu perubahan iuran, Arif menjawab saat ini tidak ada wacana tersebut. Skema dan besaran iuran kelas BPJS masih sama dengan ketentuan sebelumnya.

Mengacu kepada Peraturan Presiden Nomor 64 Tahun 2020 Tentang Perubahan Kedua Atas Perpres Nomor 82 Tahun 2018 Tentang Jaminan , besaran iuran ditentukan berdasarkan jenis kepesertaan setiap peserta dalam program .

Bagi masyarakat miskin dan tidak mampu yang terdaftar sebagai Peserta PBI, iurannya sebesar Rp 42.000 dibayarkan oleh Pemerintah Pusat dengan kontribusi Pemerintah Daerah sesuai kekuatan fiskal tiap daerah.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here