Thursday, 25 April 2024
HomeBeritaSosok Nupur Sharma, Politisi India yang Bikin Heboh Dunia

Sosok Nupur Sharma, Politisi India yang Bikin Heboh Dunia

Bogordaily.net– menjadi sorotan dunia. Politisi India itu dikecam lantaran pernyataannya dalam debat beberapa waktu lalu dinilai telah menghina Nabi Muhammad SAW. Siapa sebenarnya ? Berikut wanita asal India yang diduga menghina Nabi Muhammad SAW.

Dikutip Suara.com dari Oneindia.com, lahir di New Delhi, India pada 23 April 1985. Ia tercatat sebagai lulusan sarjana fakultas ekonomi di Hindu College, Delhi. Tak hanya itu, ia juga menyandang gelar Sarjana Hukum dari fakultas hukum di Universitas Delhi.

Menyandang gelar sarhana, wanita yang kini berusia 37 tahun itu melanjutkan pendidikan tinggi jenjang S2 di fakultas hukum London School of Economics, Inggris. Selama menjadi mahasiswa, aktif berorganisasi dan bergabung dengan serikat mahasiswa bernama Akhil Bharatiya Vidyarthi Parishad (ABVP) di Delhi.

Tak lama setelahnya, didaulat menjadi Presiden ABVP pada 2008. Sejak saat itu, karier politik semakin menanjak.

Pada 2015, Nupur Sharma ditunjuk menjadi Juru Bicara BJP. Sejak saat itu, ia mengikuti banyak ajang debat mewakili partainya.

Masih di tahun yang sama, Nupur Sharma terpilih sebagai kandidat BJP melawan mantan menteri dan ketua Partai Aam Admi, Arvind Kejriwal. Namun dalam ajang tersebut, Nupur Sharma kalah.

Tak hanya itu, ia juga memiliki sederet penghargaan lainnya. Ia terpilih memegang posisi penting di BJP, seperti Anggota Komite Nasional sayap muda BJYM, penanggungjawab media nasional BJYM, anggota komite kerja Yuva BJP dan anggota komite eksekutif negara, BJP Delhi.

Nupur Sharma juga tercatat pernah menjadi Duta Muda Teach for India. Teach for India adalah program komunitas yang fokus pada pembelajaran dengan konsep pembinaan komunitas. Tujuannya untuk membantu mempersiapkan komunitas dapat mandiri dan meningkatkan kualitas hidup komunitas. Teach for India berafiliasi dengan Teach for America.

Sebelumnya Nupur Sharma yang berada di bawah partai berkuasa India, Bharatiya Janta Party (BJP) dijatuhi hukuman skorsing dari partainya. Sebab, pernyataan kontroversial Nupur Sharma telah memancing kemarahan kelompok-kelompok muslim di dunia.

Politisi India Nupur Sharma.(Instagram/Nupur Sharma/Suara.com/Bogordaily.net)

“BJP mengecam keras penghinaan terhadap tokoh agama apa pun dari agama apa pun. BJP juga menentang ideologi apa pun yang menghina atau merendahkan sekte atau agama apa pun. BJP tidak mempromosikan orang atau filosofi seperti itu,” kata Pemerintah India dikutip dari BBC.

Di partai BJP yang berada di bawah kepemimpinan PM India Narendra Modi, Nupur Sharma menduduki posisi sebagai Juru Bicara BJP. Seperti apa Nupur Sharma? Berikut ini Nupur Sharma untuk menjawab siapa politisi India yang diduga menghina Nabi Muhammad SAW dan Islam

Nama Nupur Sharma semakin disorot usai ia mengikuti debat yang disiarkan di televisi Times Now pada 27 Mei 2022. Debat tersebut mengangkat tema tentang perselisihan Masjid Gyanvapi.

Tidak dijelaskan secara detail pernyataan Nupur Sharma yang kontroversial, meski demikian pernyataannya disebut telah menghina Nabi Muhammad SAW dan Islam.

Buntut dari pernyataan Nupur Sharma ini membuat negara-negara Islam dunia murka. Hubungan bilateral dan multilateral India dengan negara-negara Islam dunia terancam memburuk.

Permintaan maaf India tampaknya tidak cukup meredam kemarahan sejumlah pihak, termasuk negara mitra seperti Kuwait, Qatar dan Iran yang memanggil duta besar India untuk menyampaikan kemarahan mereka. Bahkan, kini Arab Saudi turut memberikan peringatan keras kepada India.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here