Tuesday, 7 May 2024
HomeBeritaSri Lanka Bangkrut, Parlemen Batalkan Rapat Demi Irit BBM

Sri Lanka Bangkrut, Parlemen Batalkan Rapat Demi Irit BBM

Bogordaily.net– di semakin memburuk hingga diklaim bangkrut. Bahkan Parlemen membatalkan beberapa rapat mereka dalam sepekan terakhir demi menghemat bahan bakar minyak (BBM) yang terus langka.

Beberapa pejabat anggota parlemen memutuskan membatalkan rapat mereka pada Kamis  23 Juni 2022 dan Jumat, 24 Juni 2022 untuk menghindari penggunaan bensin yang tak perlu. Menteri Energi Kanchana Wijesekera mengatakan pengiriman bensin yang seharusnya dilakukan pada Kamis, 23 Juni 2022 tetapi terhambat. Ia juga mengimbau pengendara untuk mengurangi bepergian.

“Hanya sedikit bensin yang akan dikirimkan ke pom bensin pada hari ini dan besok,” kata Wijesekera kepada reporter di Kolombo.

Dilansir CNN Indonesia dari AFP, krisis bahan bakar di ini menyebabkan pengendara harus mengantre BBM selama berhari-hari. Pihak berwenang juga menutup sekolah dan beberapa kantor pemerintahan imbas masalah ini.

Melihat kondisi yang semakin parah, India berupaya membantu negara itu dengan memberikan beberapa pinjaman yang dapat digunakan pemerintah untuk memberi bahan-bahan penting.

“Kedua pihak mendiskusikan sejumlah aksi yang dapat dilakukan untuk program bantuan India yang bertujuan menstabilkan dan mengembalikan ekonomi ,” demikian pernyataan kantor Presiden Gotabaya Rajapaksa.

Sebelumnya Perdana Menteri Ranil Wickremesinghe mendeklarasikan kondisi ekonomi negaranya telah mencapai “kebangkrutan penuh.”

Wickremesinghe menegaskan ekonomi sudah benar-benar kolaps atau lumpuh.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here