Friday, 29 March 2024
HomeBeritaStop! Ini Bahaya Makan Mie Instan Jika Dikonsumsi Setiap Hari

Stop! Ini Bahaya Makan Mie Instan Jika Dikonsumsi Setiap Hari

Bogordaily.net – sering dijadikan menu pengganjal lapar andalan ketika kita tidak punya waktu atau uang untuk makan. Makan memang menggiurkan, namun akan bahaya jika makan mie intsan setiap hari.

Rasa mie yang sedap disajikan dengan bumbu yang gurih, siapa bisa menolak.  Bahkan tak sedikit orang yang menjadikan sebagai makanan wajib mereka setiap hari.

Meski menggiurkan, tidak boleh dikonsumsi setiap hari.

Lantas apa yang terjadi jika konsumsi setiap hari? Melansir sejumlah sumber, memiliki kandungan karbohidrat yang tinggi. Namun minim kandungan serat, protein, vitamin dan mineral.

Ini bahaya yang akan terjadi jika makan mie instan setiap hari:

1. Tekanan darah naik atau hipertensi

dari tingginya kandungan sodium pada mie instan dapat meningkatkan tekanan darah naik.

Tekanan darah tinggi juga bisa menyebabkan kondisi serius lainnya seperti gagal jantung dan stroke. Untuk meminimalisir asupan sodium, cobalah gunakan hanya setengah bungkus bumbu mie instan, lalu kombinasikan dengan bumbu atau saus rumahan yang lebih lezat.

2. Berat badan bertambah

Banyak dari pelaku diet yang berhenti konsumsi mi instan. Bukan tampa alasan, konsumsi mie instan setiap hari bisa memicu kenaikan berat badan.

Dalam satu bungkus mie instan termasuk bumbunya bisa mengasup 14 gram lemak jenuh, yang setara hampir 40% kebutuhan konsumsi lemak harian.

3. Malnutrisi

Korea melakukan penelitian dan mendapatkan fakta bahwa orang-orang yang keseringan makan mi instan memiliki asupan nutrisi lebih rendah dibandingkan yang tidak mengonsumsi makanan ini.

Selain itu, bahaya makan mi instan setiap hari dapat mempengaruhi perilaku makan seperti gemar mengonsumsi makanan kurang sehat.

4. Liver kerja keras

makan mie instan setiap hari adalah membuat liver bekerja lebih keras dari biasanya. Alasannya, mie instan dapat awet dan tahan lama karena ditambahkan bahan pengawet, perasa buatan, pemanis buatan, dan bahan aditif lainnya.

Kandungan itulah yang akhirnya membuat liver bekerja lebih keras untuk mencerna mie instan.

5. Gangguan ginjal

Seperti disebutkan sebelumnya, mie instan diketahui memiliki kandungan garam yang tinggi. Kandungan garam dapat berdampak pada gangguan fungsi ginjal, terutama jika dikonsumsi dalam jumlah banyak dan sering.

Gangguan fungsi ginjal dapat menyebabkan natrium dan cairan menumpuk di dalam tubuh. Hal ini menyebabkan pembengkakan di kaki dan penumpukan cairan di sekitar jantung dan paru-paru.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here