Friday, 19 April 2024
HomePolitikSurya Paloh: NasDem dan PKS Belum Koalisi

Surya Paloh: NasDem dan PKS Belum Koalisi

Bogordaily.net– Meski sudah satu visi dalam mempersiapkan kerja sama di Pilpres 2024, tetapi dan PKS masih sebatas penjajakan. Dua partai itu ternyata belum secara resmi menyatakan sudah berkoalisi.

“Belum baru saling melihat menjajaki. Mencari kesamaan demi kesamaan, yang jelas belum ada ,” kata Ketua Umum Surya Paloh di Tower, Jakarta, Rabu 22 Juni 2022.

Terakit , Paloh menilai kesamaan yang nantinya terjalin dan terus muncul antara dan PKS tentu bisa menjadi modal awal untuk ke depan.

“Dengan komitmen kedekatan perasaan saja itu merupakan modal awal yang baik, saya pikir itu,” kata Paloh sebagaimana dilansir dari Suara.com.

Paloh menegaskan belum ada hal yang cukup serius yang menjadi pembahasan dengan PKS di dalam pertemuan hari ini.

Namun lanjut Paloh, dan PKS telah mendapatkan banyak kesamaan yang bisa dimaknai bersama. Kesamaan itu yang memungkinan dua partai untuk berkolaborasi menghadapi Pilpres 2024.

“Ada banyak kesamaan pandangan pikiran yang amat sangat dimungkinkan untuk dikolaborasikan bersama, menjadi suatu harapan bagi meningkatkan upaya-upaya yang memang harus dipersiapkan dari dini agar kualitas Pemilu pada tahun 2024 yang akan datang bisa jauh lebih baik dari apa yang pernah kita lalui,” jelasnya Paloh.

Hal senada juga disampaikan Presiden PKS Ahmad Syaikhu. Ia berharap dan PKS semakin banyak memiliki titik temu untuk menyongsong agenda-agenda ke depan.

“Untuk titik-titik persamaan yang semakin banyak insyaallah menjadikan kami di PKS dan insyaallah akan banyak titik temu menuju agenda-agenda besar yang tentu perlu dipersiapkan,” kata Syaikhu.

Sementara itu NasDem dan PKS menyamakan visi seiring pertemuan para elite masing-masing partai yang baru berlangsung sore ini. Total ada tiga poin visi.

Satu di antara tiga poin dalam menyatukan dan menyamakan visi yang disepakati ialah menyiapkan kerja sama untuk Pilpres 2024.

“Menyepakati persiapan kerja sama Pilpres 2024 dalam waktu yang ditentukan bersama,” kata Sekjen NasDem Johnny G Plate membacakan kesepakatan poin tiga di NasDem Tower, Jakarta.

Untuk poin satu, NasDem dan PKS sepakat untuk membangun kesadaran masyarakat untuk tetap mengungkapkan harkat martabat dirinya sebagai warga negara dalam nilai-nilai Pancasila di atas kepentingan kelompok dan golongan.

Sedangkan kesepakatan di poin dua antara NasDem dan PKS berkaitan dengan membangun toleransi dalam Pemilu mendatang.

“Menjadikan pemilu serentak 2024 sebagai instrumen demokrasi yang penuh semangat toleransi dan persatuan bangsa,” ujar Johnny.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here