Tuesday, 23 April 2024
HomeBeritaSusah Tidur di Malam Hari? Kenali 5 Penyebabnya

Susah Tidur di Malam Hari? Kenali 5 Penyebabnya

Bogordaily.net– Agar tubuh tetap bugar dan terhindar dari berbagai penyakit, salah satunya adalah kebutuhan yang terpenuhi. Namun, susah menjadi salah satu persoalan yang membuat seseorang kesulitan untuk memulai , bahkan terbangun beberapa kali ketika sedang , atau tidak dapat kembali setelah terbangun dari tidurnya. Kondisi ini tidak hanya akan mengganggu aktivitas keesokan harinya, tetapi juga memicu berbagai penyakit. Dilansir dari Aladokter, berikut penyebab susah :

Minum minuman berkafein sebelum

Minum minuman berkafein, seperti kopi dan teh, setidaknya enam jam menjelang waktu bisa menyebabkan susah . Hal ini karena kafein bisa menghambat kerja adenosin, yaitu senyawa aktif di otak yang memicu rasa kantuk.

Makan menjelang

Kebiasaan makan mendekati waktu tidur juga bisa menjadi penyebab susah tidur di malam hari. Ini dapat terjadi karena saat makan, tubuh akan melepas hormon insulin untuk mengolah makanan menjadi energi. Proses inilah yang bisa membuat ritme sirkadian atau siklus tidur terganggu dan membuat Anda tetap terjaga di malam hari.

Main gadget menjelang tidur

Kebiasaan bermain gadget menjelang waktu tidur bisa membuat Anda susah untuk tidur, meski cahaya ruang tidur sudah diredupkan sekali pun. Ini karena cahaya biru yang dipancarkan layar gadget bisa menurunkan produksi hormon melatonin, yaitu hormon yang mengatur siklus tidur. Selain itu, penelitian juga mengungkapkan bahwa cahaya biru dapat meningkatkan kewaspadaan otak dan dapat merangsang fungsi kognitif yang pada akhirnya membuat tubuh terjaga dan menjadi susah tidur.

Stres

Penyebab susah tidur di malam hari selanjutnya adalah stres. Sebab, stres bisa memengaruhi durasi dan kualitas tidur karena kondisi ini bisa membuat kadar hormon kortisol dalam tubuh meningkat. Efeknya, detak jantung meningkat dan otot menjadi tegang sehingga tubuh menjadi tidak rileks dan tidur pun menjadi sulit.

Kurang paparan sinar matahari

Kurang terkena paparan sinar matahari bisa menjadi penyebab susah tidur di malam hari. Paparan sinar matahari pada pagi hari bisa memperbaiki siklus tidur dan membuat tubuh terjaga sepanjang hari. Efeknya, saat malam tiba tubuh akan merasa ‘butuh tidur'.

Selain beberapa hal di atas, susah tidur juga bisa disebabkan oleh hal lain, seperti kamar tidur yang kurang nyaman, baru melakukan perjalanan jauh dengan zona waktu berbeda, hingga efek dari konsumsi obat tertentu seperti metylphenidate. Beberapa masalah medis seperti diabetes, penyakit jantung, gangguan saraf, GERD, hingga kanker, juga kerap kali menyebabkan penderitanya alami susah tidur.***

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here