Monday, 29 April 2024
HomeBeritaTerparah dalam 147 Tahun, Gelombang Panas Terjang Tokyo

Terparah dalam 147 Tahun, Gelombang Panas Terjang Tokyo

Bogordaily.net– terparah dalam 147 tahun atau sejak 1875 menerjang Ibu Kota Jepang, . Pemerintah meminta warga agar menghemat listrik.

membuat suhu di mencapai 35,1 derajat Celsius pada Selasa, 28 Juni 2022 dan ini merupakan hari keempat kota tersebut mencatat suhu menembus 35 derajat Celsius.

Menteri Perdagangan dan Industri Jepang, Koichi Hagiuda, mengapresiasi warga yang berhemat listrik di tengah cuaca panas ini.

“Beberapa lansia mematikan pendingin ruangan mereka karena kami meminta masyarakat untuk menghemat listrik, tetapi tetap saja saat ini sangat panas. Jangan ragu untuk mendinginkan diri,” ujar Hagiuda.

Permintaan menghemat listrik ini juga dirilis kala Jepang mengalami keterbatasan suplai energi sejak Maret. Gangguan suplai itu disebabkan gempa di wilayah timur laut negara itu.

Akibat gempa itu, beberapa pembangkit listrik tenaga nuklir berhenti beroperasi, padahal kebutuhan suplai listrik di Jepang saat ini paling tinggi sejak 2011.

Pemerintah akan menurunkan aliran listrik di hingga lima persen lebih rendah. Angka itu berbeda tipis dari aliran listrik minimum yang diperlukan untuk menyuplai listrik di .

Dilansir CNN Indonesia dari Reuters, aliran listrik di bawah tiga persen berisiko membuat kota itu mengalami kekurangan daya dan mati listrik.

Keputusan ini pun membuat beberapa kantor pemerintah, termasuk Kementerian Ekonomi, Perdagangan, dan Industri (METI), mulai berhemat listrik.

Sejumlah warga juga mengatakan di media sosial bahwa mereka mematikan peralatan yang tak digunakan.

Selain masalah suplai listrik, masyarakat berhadapan dengan risiko penyakit sengatan panas (heatstroke) akibat suhu tinggi ini.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here