Friday, 29 March 2024
HomeKulinerTips Membuat Kopi Rumahan Jadi Seenak Kopi di Kafe

Tips Membuat Kopi Rumahan Jadi Seenak Kopi di Kafe

Bogordaily.net - atau coffee shop memiliki berbagai variasi dan cara membuat yang enak. Sayang, tidak semua penikmat memiliki banyak waktu luang untuk menikmati di . Untuk itu, coba lakukan hal  ini agar rumahan mu seenak kopi di .

Jika uang sudah menipis, tentu satu-satunya solusi adalah dengan membuat kopi di rumah. Sayangnya, terkadang rasa kopi yang kita buat sendiri tidak seenak kopi ala .

Namun jangan khawatir, bagi kamu yang ingin berhemat namun tetap ingin menikmati cita rasa kopi ala . Berikut tips membuat kopi rumahan jadi seenak kopi di .

1. Pilih biji kopi pilihan

Pilihan kopi di pasaran memang beragam, Anda bisa bingung memilihnya. Beberapa hal yang perlu diperhatikan saat memilih biji kopi berkualitas adalah soal tempat biji tersebut tumbuh dan cara pemrosesannya. Kopi yang tumbuh di dataran rendah, rasanya lebih nutty dan “membumi”, sedangkan yang di dataran tinggi, lebih asam dan fruty.

Demikian penjelasan Josey Markiewicz, dari La Colombe Coffee Roasters, dilansir Foodandwine.com. Untuk pemrosesannya, yang terjadi secara alami terasa lebih fruity, serta semakin hitam biji kopi yang telah diolah (proses), rasanya semakin smokey.

2. Giling sendiri

Beli kopi yang sudah digiling oleh penjualnya memang praktis, namun, menurut Josey, hal ini berpengaruh pada rasanya. Biji kopi untuh menahan minyak—yang dihasilkan dari pemanggangan biji kopi—yang memengaruhi keharuman dan rasa kopi.

Kopi giling yang dibiarkan utuh beberapa lama sebelum diseduh malah membuat minyak tersebut menjadi tengik. Tentu ini memengaruhi rasa kopi. Jadi, sebaiknya, baru digiling begitu akan dikonsumsi.

3. Tambahkan ghee

Ghee adalah mentega dari lemak hewan yang dimurnikan. Bahan makanan ini bisa menjadi pengganti krimer kopi, tapi rasanya lebih “dalam” dan makin lezat. Pas bagi Anda penggemar kopi nonblack. Atau, tambahkan susu sapi asli dan organik (sapi yang makanannya rumput).

Jangan takut menjadi gemuk. Dua sendok makan susu sapi asli hanya mengandung 19 kalori dan kurang dari 1 gram lemak. Jika mau yang tanpa susu, tambahkan setengah sendok teh kayu manis dalam kopi Anda. Kehangatan kayu manis membantu menurunkan kadar gula dan darah. Atau, tambahan bubuk cokelat jika ingin sedikit rasa cokelat pada minuman favorit Anda tersebut.

4. Simpan kopi dengan benar

Mau biji kopi atau kopi bubuk, pastikan disimpan dalam wadah yang kedap udara, pada suhu yang sejuk, dan tempat yang kering. Simpel!

5. Seduh menggunakan air berkualitas

Harus percaya, nih, bahwa kandungan mineral dalam air untuk menyeduh kopi dan suhu airnya ikut membantu “mengeluarkan” rasa kopi. Jumlah kandungan sodium bikarbonat dan magnesium—dua mineral yang ditemukan pada air minum—mampu mengeluarkan rasa kopi antara seduhan yang satu dengan lainnya. Jadi, biji kopi yang sama bisa berbeda rasanya tergantung air seduhan yang digunakan. Untuk rasa kopi yang enak, seduh dengan menggunakan air bertemperature antara 95.5 – 97 derajat selsius.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here