Friday, 10 May 2024
HomeEkonomiTips Menabung Dijamin Bikin Kamu Cepat Kaya Raya

Tips Menabung Dijamin Bikin Kamu Cepat Kaya Raya

Bogordaily.net – Berikut ini adalah tips dijamin bikin kamu cepat kaya raya, karena sesuai dengan rajin pangkal pandai pangkal kaya, atau pepatah lainnya yakni, sedikit demi sedikit akhirnya menjadi bukit.

Makna dari pepatah itu adalah usaha yang dilakukan pantang menyerah akan membuahkan hasil yang baik. Ya! Pepatah itu tentunya bisa jadi motivasi untuk melakukan segala sesuatu, misalnya. Tidak apa-apa walaupun setiap hari dalam jumlah kecil. Karena lama-lama hasilnya juga akan menggemberikan, sehingga akan cukup untuk membeli sesuatu yang diinginkan.

Nah, buat kamu yang merasa susah banget buat nabung, jangan langsung putus asa dan jangan terlena untuk menghabiskan uangmu begitu saja! Coba lakukan tips berikut ini. Tips dijamin bikin kamu cepat kaya raya.

1. Punya Target dan Motivasi

Tips yang pertama, kamu harus memiliki target dan motivasi. Misalnya, kamu harus menargetkan dalam sebulan kamu bisa mengumpulkan uang sekian rupiah. Diiringi dengan motivasi misalnya dalam waktu tiga bulan, kamu bisa membeli barang yang kamu inginkan.

Kamu bisa membuat animasi, catatan atau bentuk gambar apapun untuk mengingatkanmu dengan target yang harus kamu capai. Bahkan, kamu bisa membeli celengan yang lucu agar kamu merasa semangat dan termotivasi untuk .

Dengan mengingat target dan motivasimu, kamu akan terpicu untuk berhemat dan membelanjakan uang dengan bijak. Dengan begitu akan selalu tersisa uang yang bisa kamu tabung dan kumpulkan.

2. Hemat Pengeluaran dan Alokasikan Dana untuk Investasi

Tips yang kedua, kamu harus berhemat. Memang, berhemat bukanlah hal yang mudah. Apalagi jika kamu memiliki uang yang sekadar cukup untuk kebutuhan hidup. Pasti harus putar otak sana-sini agar ada uang sisa.

Untuk mengatasi hal ini, kamu bisa mengatur keuangan dengan membelanjakannya untuk hal-hal yang memang kamu butuhkan, bukan sekadar untuk menuruti keinginan atau menuruti nafsu makan. Menuruti nafsu makan untuk jajan ini dan itu, bisa mengeluarkan banyak uang. Padahal hakikatnya manusia membutuhkan makan untuk bertahan hidup, bukan untuk menuruti keinginan makan makanan yang sedang viral.

Jajan adalah salah satu pengeluaran yang tidak disadari. Untuk menghemat uang, kamu bisa mengurangi jajan atau memilih untuk membuat camilan sendiri. Jangan lupa uang yang berhasil dihemat dialokasikan dan dikembangkan dalam jumlah lebih banyak. Hasilnya pun bisa kamu gunakan untuk beberapa keperluan atau disimpan sebagai tabungan.

3. Berusaha untuk Mendapatkan Penghasilan Tambahan

Tips yang ketiga, kamu harus mencari penghasilan tambahan. Jika dirasa penghasilan yang kamu miliki benar-benar tidak cukup untuk , kamu bisa mencari penghasilan tambahan untuk menutupnya. Adanya penghasilan tambahan sangat berguna untuk membantu mencukupi kebutuhan dan menambah tabunganmu. Memang mencari penghasilan tambahan bukanlah perkara mudah bagi kamu yang bekerja full-time dan harus mengemban tanggung jawab di kantor yang tidak bisa ditinggalkan.

Namun, bukan berarti tidak ada jalan. Kamu bisa mendapatkan penghasilan tambahan melalui bisnis atau kegiatan sampingan yang mendatangkan cuan. Misalnya, menjadi dropshipper atau reseller. Dengan menjadi dropshipper kamu bisa menjual berbagai barang supplier tanpa harus punya stok terlebih dahulu.

Selain itu, kamu juga bisa mendapatkan penghasilan tambahan dengan berinvestasi di trading forex, tabungan deposito, saham, reksa dana dan lain-lain. Terlebih, saat ini sudah banyak platform investasi online yang bisa diunduh di smartphone. Namun, jangan sembarangan investasi yah! Kamu perlu mengenal betul jenis investasi yang dipilih dan bagaimana cara kerjanya agar mendapatkan untung.

4. Konsisten

Tips yang keempat, kamu harus dengan konsisten. Misalnya dengan dua ribu rupiah setiap hari. Dengan begitu kamu akan lebih cepat mencapai target. dengan konsisten memang sulit, karena terkadang merasa malas, lupa sampai uangnya terpakai. Padahal, segala sesuatu itu harus dibiasakan sehingga akan terbiasa.

5. Pisahkan Rekening Tabungan

Cara menabung yang baik dan efektif selanjutnya yaitu dengan membuka rekening tabungan secara terpisah. Kamu perlu memisahkan rekening transaksi yang biasa digunakan sehari-hari dengan rekening tabungan. Jika tidak, maka kamu bisa saja menggunakan uang tabungan tanpa dasar karena tidak mengetahui secara pasti nominal uang yang ditabung dan uang untuk keperluan transaksi.

Untuk membuat rekening secara terpisah, kamu bisa memilih rekening tabungan secara khusus. Biasanya rekening untuk tabungan bisa memberi benefit lebih tinggi dibandingkan rekening biasa. ***

sumber: suara.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here