Sunday, 5 May 2024
HomeNasionalTips Mengiris Bawang Merah yang Aman Agar Mata Tidak Berair

Tips Mengiris Bawang Merah yang Aman Agar Mata Tidak Berair

Bogordaily.net adalah salah satu jenis bumbu masakan yang selalu tersedia di dapur. Terkadang, mengiris membuat pata menjadi berair. Namun, berikut ini tips mengiris yang aman agar mata tidak berair.

Meski berkhasiat menyedapkan masakan, namun ada satu persoalan yang sering dialami saat hendak menggunakan ini. Yakni, mata terasa pedih hingga mengeluarkan air mata seperti orang menangis saat mengupas .

Air mata yang keluar saat mengiris bawang sejatinya merupakan suatu respons alami. Nah, sebenarnya ada cara menyiasati masalah ini, dan caranya pun cukup mudah.

Melansir dari berbagai sumber, berikut adalah cara mengupas yang aman.

1. Rendam di Air Mendidih

Agar mata tidak pedih, rendam dalam air mendidih. Rendam selama dua hingga tiga menit sampai kulit terluar dari lunak.

2. Bilas dengan Air Dingin

Setelah bawang merah direndam dalam air mendidih, bilas dengan air dingin yang mengalir. Ini ditujukan untuk menghentikan proses memasak bawang merah.

3. Potong Bagian Atas dan Ujung Akar Bawang Merah

Cara berikutnya adalah potong bagian atas dan ujung akar bawang merah. Ini berguna untuk melonggarkan kulit bawang sehingga mudah dikupas.

4. Buat irisan di lapisan atas bawang merah

Selanjutnya bawang merah sedikit diiris pada lapisan atasnya. Pastikan saat mengiris bawang merah tidak melewati lebih dari satu lapisannya.

5. Kupas dari lapisan atas

Jika lapisan bawang merah telah teriris, kipas dari lapisan atas ke bawah atau melingkar. Bawang merah siap digunakan untuk bahan bumbu tanpa ada kulit kering yang menempel.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here