Thursday, 30 May 2024
HomeBeritaTurki dan Rusia Bahas Koridor Ekspor Gandum Ukraina

Turki dan Rusia Bahas Koridor Ekspor Gandum Ukraina

Bogordaily.net – Rusia siap untuk memfasilitasi dari pelabuhan Ukraina dan berkoordinasi dengan . Untuk keperluan itu, Menteri Luar Negeri Rusia Sergey Lavrov akan mengunjungi Ankara pada pekan depan.

Rencana kunjungan Lavrov itu diampaikan oleh Presiden Rusia Vladimir Putin saat ia menelepon Presiden Recep Tayyip Erdogan. Putin mengatakan Rusia siap untuk memfasilitasi tanpa hambatan.

Menteri Luar Negeri Mevlut Cavusoglu mengatakan di televisi nasional, Ankara siap menyambut kedatangan Lavrov yang direncanakan pada 8 Juni, untuk pembicaraan tentang masalah pembukaan koridor keamanan yang juga mencakup (pengiriman) di laut hitam.

“Kami berencana mendirikan pusat bantuan di Istanbul untuk memantau koridor pengiriman, kami sedang fokus untuk masalah ini, bahkan siang dan malam.” kata Cavusoglu, seperti dikutip dari AFP.

“Ini adalah masalah yang paling penting dan prioritas. Jika ini diselesaikan, langkah penting untuk membangun kepercayaan akan diambil antara kedua negara (Rusia dan Ukraina),” tambahnya.

Pelabuhan Ukraina telah dikepung oleh pasukan Rusia yang pada akhirnya menghambat ekspor dan bahan makanan lainnya. Baik Ukraina maupun Rusia adalah pemasok utama dunia.

Cavusoglu mengatakan pekerjaan itu tentu saja melibatkan PBB. Meski perseteruan Rusia dan Ukraina masih terus berlangsung, tetapi kedua belah pihak harus terlibat juga dalam pengamatan bersama untuk memantau rute pelayaran.

Rusia ingin beberapa sanksi Barat yang menargetkan sektor ekonominya dicabut, karena akan berdampak pada kapal-kapal yang akan berpartisipasi dalam pengiriman, di sisi lain Ukraina tidak ingin kapal perang Rusia mendekati dermaganya di Odesa.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here