Tuesday, 16 April 2024
HomeKota BogorTutup Program B2QI, UIKA Bogor Berikan Pembinaan BTQ Kepada 800 Mahasiswa

Tutup Program B2QI, UIKA Bogor Berikan Pembinaan BTQ Kepada 800 Mahasiswa

Bogordaily.net – Delapan ratus peserta yang mengikuti program B2QI ini, terdiri dari mahasiswa semester 2 dari fakultas di luar fakultas agama islam yang masuk kedalam kategori mahasiswa yang perlu mendapatkan pembinaan sesuai hasil screening seleksi penerimaan mahasiswa baru tahun 2021.

Hal ini disampaikan oleh Dr. H. Oking Setia Priatna, M.Ag.,  selaku koordinator Mata Kuliah Umum (MKU) yang membawahi program studi Islam (STI) disaat penutupan program B2QI tahun akademik 2021/2022 yang diselenggarakan jumat, 17 Juni 2022.

Menurutnya, dari total peserta yang mengikuti program B2QI, mereka dibagi kedalam 61 khalaqoh (kelompok belajar) B2QI dengan setiap kelompok berjumlah 14-15 peserta yang dibina oleh 61 tutor.

“Alhamdulillah mereka baik tutor maupun peserta cukup antusias mengikuti program ini,” ucapnya.

Senada dengan Dr Oking, Ari salah satu peserta perwakilan dari fakultas hukum, menuturkan kesannya selama mengikuti program ini, ia menyampaikan sangat antusias mengikuti program ini karena tidak hanya diajarkan tentang baca Qur'an yang baik dan benar saja, melainkan juga diajarkan tentang toharah (bersuci), serta diajarkan tuntunan solat yang baik dan benar.

“Mentornya juga sangat sabar, kegiatan ini tidak hanya di jalankan untuk memenuhi SKS pada matakuliah STI saja melainkan bisa di selenggarakan di semester-semester berikutnya” jelasnya.

Sementara menurut Rektor, dalam sambutanya memberikan apresiasi dan penghargaan kepada MKU serta para mentor yang telah berkontribusi mengajarkan Al-Qur'an kepada para mahasiswa, seraya berharap semoga mahasiswa yang telah dibimbing.

Lanjutnya, setidaknya dapat mengimplementasikan rukun-rukun ibadah yang mahdoh sesuai tuntunan dan syariat islam sebagai bagian tanggungjawab UIKA kepada mahasiswanya, dan menyampaikan informasi bahwa di tahun 2022.

“UIKA telah menerima kurang lebih 78 calon mahasiswa baru para hafidz, kedepannya bisa dikaryakan menjadi mentor-mentor yang dapat membimbing rekan-rekan sesama mahasiswa yang belum fasih dan faham dalam membaca dan menulis Qur'an serta tuntunan-tuntunan wajib lainnya,” pungkasnya.

Dalam penutupan program ini juga setiap tutor mendapat sertifikat penghargaan yang langsung diberikan secara bergantian oleh wakil rektor satu bidang akademik, Ibu Dr. Hj. Maemunah Sya'diyah, M.Ag., Wakil Rektor Bidang pengelolaan Sumber daya, Ibu Hj. Leny Muniroh, SE., M.Si., Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Ibu Hj. Titing Suharti, S.E., M.M. serta Koordinator, Sekretaris MKU Dr. Samsul Basri, M.H.I*

(Albin)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here