Tuesday, 30 April 2024
HomeViralViral, Harga Makam di San Diego Hills Bikin Melongo

Viral, Harga Makam di San Diego Hills Bikin Melongo

Bogordaily.net – Baru-baru ini, harga di Komplek Pemakaman San Diego Hills di Karawang, Jawa Barat, ramai beredar di media sosial. Pasalnya, komplek pemakaman tersebut memang terkenal dengan harga yang .

Pemakaman San Diego Hill, merupakan salah satu pemakaman mewah yang ada di Indonesia. Kompleks pemakaman mewah ini sering digunakan sebagai tempat peristirahatan terakhir bagi sejumlah pesohor di Indonesia.

Sebut saja Arswendo Atmowiloto, mantan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Hari Sabarno, dan Asraf Sinclair.

Selain itu, beberapa pengusaha juga dimakamkan di San Diego Hills, antara lain Michael Ruslim, Presiden Direktur Astra International; William Suryajaya, Founder Astra; dan Pendiri PT Sinar Sosro, Soetjipto Sosrodjojo.

Lantas, bar0-baru ini seorang warganet pun, merekam dan menyebarkan informasi terkait harga jenis-jenis yang ada disana. Video itu kemudian diunggah, dan menjadi viral di media sosial.

Video tersebut diunggah kembali oleh akun @lambegosiip di jejaring media sosial Instagram.

“Harga kuburan di San Diego Hills,” tulis dan ucap si perekam.

Sang perekam dalam video itupun memperlihatkan lahan kuburan berdasarkan tipe , mulai dari harga terendah hingga tertinggi.

Tipe yang pertama yang ia tunjukan adalah tipe singel burial. Untuk tipe ini, harga yang ditawarkan mulai dari Rp 37 jutaan hingga Rp 84 jutaan.

Untuk ukurannya, mulai dari 1,1 x 3 m (standar), 1,5 x 2.6 m (standar), dan 1,5 x3 m (eksklusif). Tipe lahan pemakaman ini hanya diperuntukkan satu orang dan dibangun tanpa pembatas dengan lainnya.

Lalu, jenis kedua adalah tipe semi private yang ditaksir seharga Rp 550 juta. Tipe ini adalah tipe di atas yang Single Burial.

Selain lebih privasi (dibatasi oleh tembok atau tanaman), tipe semi private umumnya dibuat dekat dengan jalan, sehingga akan memudahkan keluarga apabila ingin berziarah karena dekat dengan jalan dan area parkir.

Tipe semi private ini memiliki lahan yang seperti kompleks pemakaman lebih private setiap kuburannya dengan pembatas.

Kemudian ada tipe private estate, dimana memiliki keunikan tersendiri daripada dua tipe sebelumnya.

“Ini yang private estate. Private estate ini ada tangganya,” ungkap si perekam.

Dalam tipe semi private, terlihat lahan pemakaman cukup terbatas dan terasa berbeda dengan single burial.

tipe private estate terlihat begitu rapi, bagus, lebih luas dan lebih privasi. Harganya pun tidak main-main, karena ditaksir mencapai Rp 1,1 Miliar.

Kemudian, dalam video itu juga disebutkan tipe makam yang paling . Adalah tipe Pavilion yang mencapai harga hingga Rp 2,8 Miliar.

Tipe ini memiliki makam  yang berada di dalam pavilion sehingga para keluarga pengunjung makam tak kepanasan atau kehujanan saat berziarah.

Mendengar harga itu, warganetpun langsung membanjiri komentar.

“Ayah dan ibu saya dimakamkan di sana juga keluarga inti akan dimakam di sana sudah inden sebelulmnya. Kalau belinya banyak lebih murah, indah banget memang ada kolam renang, yang agama Islam ada masjid dan mushola. Rumah ibadah masing-masing agama, seperti wisata,” tulis @isro***

“Itu yang tipe paviliun bisa nyekar sambil liwetan,” komentar @gabe***.

“Ini buat yang sesuai kemampuan, enggak buat kaum mendang-mending kayak kita guys. Bagi kita bagi orang yang sesuai marketnya ya beli,” imbuh @jen***.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here