Tuesday, 30 April 2024
HomeViralViral Video Wisatawan Bromo Dipalak Ojek Kuda, BBTNBTS Beri Pernyataan

Viral Video Wisatawan Bromo Dipalak Ojek Kuda, BBTNBTS Beri Pernyataan

Bogordaily.net – Sebuah video yang menayangkan seorang wisatawan Gunung Bromo dipalak dan dimintai uang Rp 50.000 secara paksa oleh ojek , viral di media sosial. Menanggapi hal itu, Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (BBTNBTS) buka suara.

Kejadian tersebut viral setelah diunggah oleh akun TikTok @aldidutcho pada Senin 20 Juni 2022.

BBTNBTS memberikan klarifikasi melalui surat edarannya.

Dalam surat tersebut pihak BBTNBTS masih berusaha menelusuri kejadian viral itu.

“Sampai dengan saat ini, Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (BBTNBTS) telah berusaha untuk melakukan penelusuran fakta lapangan dari kejadian tersebut, mengingat video yang diunggah pada kedua akun tersebut bukan berupa video yang utuh sehingga membutuhkan klarifikasi dari kedua belah pihak,” bunyi surat edaran dari BBTNBTS.

Pihak BBTNBTS telah berusaha melakukan penelusuran fakta lapangan dari kejadian tersebut. Mengingat video yang diunggah pada kedua akun itu bukan berupa video yang utuh sehingga membutuhkan klarifikasi dari kedua belah pihak.

“Diduga kejadian tersebut merupakan kesalah pahaman penyedia jasa wisata dengan pengunjung dan bukan merupakan gambaran umum dari perilaku penyedia jasa wisata pada umumnya serta tidak ada kaitannya dengan PNBP/tarif masuk/kegiatan di kawasan,”katanya dalam surat itu.

Diketahu bahwa, dalam video yang beredar, penunggang langsung membalikkan badan dan kudanya begitu mengetahui dirinya direkam dari belakang.

Ojek tersebut lalu meminta uang karena pengunjung merekamnya. Ojek tersebut tetap memaksa agar si perekam memberikan uang Rp 50.000 meski videonya akan dihapus.

“Mana uangnya. Rp 50.000. Walaupun dihapus uangnya mana. Sampean nyuting enggak bilang-bilang dari belakang. Walaupun dihapus, uangnya mana,” ujar penunggang dengan nada tinggi.

Video tersebut diunggah ke TikTok oleh akun @aldidutcho. Ia juga menulis, “kalau ke Bromo hati-hati. Jangan sukur-sukur ambil video. Ini pengalaman saya. Midioin malah malak saya Rp 50.000. Tak suruh hapus malah enggak mau padahal banyak lewat saya video enggak marah. Wisatawan kecewa sekali. Tolong kepada pengelola Bromo diberantas pemalak-pemalak kayak gitu”.

Video Wisatawan Bromo Dipalak Ojek tersebut mendapatkan 374.000 like dan 5.600 komentar.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here