Bawa KTP, Beli Minyak Goreng Curah Harga Rp14 Ribu Maksimal 10 Liter

Menu

Mode Gelap
Sekolah SMPN 16 Kota Bogor Digondol Maling, Kerugian Capai Rp 15 juta Siap-siap, Uji Coba Kelas BPJS Kesehatan Dihapus Besok Diisukan Hamil Anak Jay Park, Ini Tanggapan Jessi SuaraPemerintah.ID dan TRAS N CO Indonesia Berikan Penghargaan Istimewa untuk BPR Korea Utara Beberkan AS-Korsel-Jepang Mulai Membentuk “NATO Versi Asia”

Ekonomi · 23 Jun 2022 15:17 WIB

Wajib Bawa KTP, Beli Minyak Goreng Curah Harga Rp14 Ribu Maksimal 10 Liter


 Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan meninjau minyak goreng curah di Pasar Cibubur, Jakarta Timur, Kamis, 16 Juni 2022. (Alfian Winanto/Suara.com/Bogordaily.net) Perbesar

Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan meninjau minyak goreng curah di Pasar Cibubur, Jakarta Timur, Kamis, 16 Juni 2022. (Alfian Winanto/Suara.com/Bogordaily.net)

Bogordaily.net–  Warga bisa membeli minyak goreng curah maksimal 10 liter dengan harga eceran Rp10.000. Syarat membawa satu kartu tanda penduduk (KTP). Hal tersebut diungkapkan Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan.

“Bahkan kita sekarang Pak Sekjen Pak Oke (Sekretaris Jenderal Kemendag, Oke Nurwan) ini yang punya tanggung jawab. Kita sekarang boleh (membeli minyak goreng curah) masyarakat, kemarin hanya beli satu KTP untuk 2 liter, sekarang boleh 10 kg eh 10 liter, boleh. Jadi kita boleh sekarang beli 10 liter minyak goreng untuk 1 KTP,” kata Zulkifli Hasan usai memantau harga kebutuhan pokok di Pasar Kosambi, Kamis, 23 Juni 2022 sebagaimana dilansir Suara.com.

Zulkifli menjelaskan, kebijakan ini bertujuan membantu masyarakat, khususnya yang pelaku UMKM agar tidak merasa kesulitan untuk memenuhi kebutuhan minyak goreng curah dalam menjalankan usahanya.

“Boleh juga kalau yang beli 1 liter itu, kalau dibawa ke gang  ke RT-nya, ada warung kecil, dijadikan (kemasan) 100 mili, 200 mili, ya. Ya untung-untung sedikit boleh lah,” kata dia.

Mendag juga menjelaskan pada Senin, 27 Juni 2022 nanti, pihaknya akan mengundang pengusaha-pengusaha, produsen minyak goreng terkait rencana kebijakan minyak curah diubah menjadi minyak kemasan sederhana.

“Nanti masyarakat, ibu-ibu kalau belanja ke supermarket, ada minyak goreng yang harganya Rp14 ribu, dengan merek Minyak Kita yang dikeluarkan oleh Kementerian Perdagangan. Harganya Rp14 ribu, kemasannya bagus, bisa nanti secara bertahap ditemukan di supermarket-supermarket. Dan kalau minyak curah tidak bisa karena nanti kalau pecah repot,” kata dia.

Selain itu, Zulkifli Hasan mengaku akan berupaya menstabilkan harga kebutuhan pokok, khususnya minyak goreng curah dalam waktu dua minggu, dari target semula satu bulan.

“Saya janji target sebulan, tapi saya yakin dua minggu, harga minyak goreng curah Rp14 ribu stabil, aman, di mana-mana, dua minggu gitu. Kami dari Kementerian Perdagangan, sudah ada namanya Task Force, yang menangani crisis center, itu 24 jam. Saya kira kita bisa memantau ketersediaan barang dan harga. Bisa tiap hari dilaporkan,” pungkasnya.***

Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Redaktur

Baca Lainnya

Unand Siap Cetak 100 Ribu Pelaku Usaha, Dukung Penciptaan Sejuta Wirausaha Mapan

1 Juli 2022 - 18:22 WIB

pelaku usaha baru

Terbitkan Green Bond, BRI Ajak Masyarakat Berinvestasi Sekaligus Selamatkan Bumi

1 Juli 2022 - 15:18 WIB

Inflasi Juni 2022 Tertinggi Selama 5 Tahun Terakhir

1 Juli 2022 - 12:36 WIB

Harga Emas Antam Kembali Turun, Berikut Daftar Harga Emas 1 Juli 2022

1 Juli 2022 - 10:35 WIB

harga emas kembali turun

Dicurhati Petani, Menteri Teten Siap Dukung Pembangunan Pabrik Olahan Kelapa Sawit

1 Juli 2022 - 10:22 WIB

Motor Belum Wajib Daftar Kendaraan di Situs MyPertamina, Bebas Beli Pertalite

1 Juli 2022 - 07:46 WIB

Trending di Ekonomi