Friday, 26 April 2024
HomeBeritaWaspada, Pria Muda Berisiko Kena Kanker Testis! Begini Cara Mendeteksinya

Waspada, Pria Muda Berisiko Kena Kanker Testis! Begini Cara Mendeteksinya

Bogordaily.net– Meskipun bisa menyerang semua usia, sebagian besar kanker testis menyerang usia 15 hingga 49 tahun. Kanker testis sama dengan jenis kanker lainnya yang bisa diobati dengan kemoterapi, radioterapi hingga pembedahan. Semakin cepat pasien mendapatkan perawatan medis, maka semakin besar pula peluangnya untuk sembuh. Karena itulah, semua perlu mewaspadai gejala kanker testis.

Jas Kalsi, Konsultan Urologi dan Pakar Kesuburan di Rumah Sakit Cromwell menyarankan semua yang mencapai pubertas harus memeriksakan testisnya setidaknya sebulan sekali.

Pemeriksaan testis secara rutin ini bertujuan untuk mendeteksi tanda-tanda kanker testis setelah mandi air hangat atau mandi.

“Begitu Anda mencapai pubertas, penting untuk memeriksa testis Anda secara teratur atau setiap bulan. Karena ini akan membantu mendeteksi kanker lebih awal jika ada,” kata Kalsi dikutip Suara.com dari Express.

Sementara itu waktu terbaik untuk melakukan pemeriksaan testis ketika Anda mandi air hangat atau setelahnya. Kehangatan akan membuat skrotum Anda rileks dan membuatnya lebih mudah untuk merasakan sesuatu yang tidak biasa.

Anda bisa melakukan langkah berikut ini mendeteksi kanker testis sendiri di rumah. Berikut caranya:

1. Berdirilah di depan cermin dan periksalah ada sesuatu yang tidak biasa pada testis atau tidak, seperti pembengkakan pada kulit.

2.Rasakan ukuran dan berat masing-masing testis, lebih besar atau berat salah satu atau tidak.

3. Raba testis dan rasakan ada perbedaan antara keduanya atau tidak, seperti adanya benjolan atau pembengkakan.

4. Bandingkan testis yang satu dengan lainnya.

Gejala yang paling umum dari penyakit ini adalah adanya benjolan atau pembengkakan. Testis Anda mungkin terasa lebih besar dari yang lain, atau mungkin ada rasa sakit yang tidak biasa.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here