Friday, 29 March 2024
HomeBeritaWaspadai Gejala Infeksi Menular Seksual pada Wanita

Waspadai Gejala Infeksi Menular Seksual pada Wanita

Bogordaily.net– Infeksi Menular Seksual atau IMS bisa dialami siapa saja termasuk . Para ahli pun memperingatkan mengenai IMS misterius yang sering terabaikan.

Para ahli menemukan trikomoniasis merupakan infeksi menular seksual (IMS) yang lebih umum terjadi daripada gonore. Namun, banyak sering mengabaikan trikomoniasis. Bahkan, penyakit ini hampir tak pernah menjadi perhatian dalam pemeriksaan IMS.

Sedangkan, sekitar setengah dari mereka yang menderita trikomoniasis tidak menunjukkan gejala apapun dan penyebarannya jauh lebih buruk. Penelitian baru menunjukkan bahwa banyak menderita trikomoniasis tanpa disadari. Penyakit ini pun kebanyakan menyerang perempuan.

Direktur Medis di Preventx and Consultant Physician in Sexual Health and HIV Dr John White mengatakan trikomoniasis adalah jenis IMS yang kurang dikenali tetapi bisa menyebabkan rasa sakit dan ketidaknyamanan signifikan.

“Saya tahu ini dari pasien saya. Mereka juga mengatakan kondisi ini memicu banyak tekanan emosional,” kata Dr John dikutip Suara.com dari The Sun. Trikomoniasis juga bisa meningkatkan risiko penularan HIV di komunitas berisiko dan menyebabkan komplikasi pada kehamilan bila tak diobati. Beberapa gejala trikominiasis termasuk keluarnya cairan yang berlebihan, kental, tipis atau berbusa, berwarna kuning kehijauan, atau berbau amis.

NHS mengungkap gejala trikomoniasis biasanya berkembang dalam waktu satu bulan setelah infeksi. Namun, hingga setengah dari semua orang tidak akan mengalami gejala apa pun (meskipun mereka masih dapat menularkan infeksi ke orang lain).***

Gejala trikomoniasis pada :

1. Keputihan abnormal yang kental, tipis atau berbusa dan berwarna kuning kehijauan

2. Menghasilkan lebih banyak kotoran dari biasanya yang berbau amis atau tidak sedap

3. Nyeri, bengkak dan gatal di sekitar vagina

4. Rasa sakit atau ketidaknyamanan saat buang air kecil atau berhubungan seks

Gejala trikomoniasis pada pria:

1. Nyeri saat buang air kecil atau ejakulasi

2. Buang air kecil lebih sering dari biasanya

3. Keluar cairan putih tipis dari penis

4. Nyeri, bengkak dan kemerahan di sekitar kepala penis atau kulup

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here