Friday, 26 April 2024
HomeTravellingWisata Alam Goa Rancang Kencana, Goa Eksotis di Gunung Kidul

Wisata Alam Goa Rancang Kencana, Goa Eksotis di Gunung Kidul

Bogordaily.net merupakan salah satu kabupaten yang wilayahnya termasuk dalam Kawasan Karst Pegunungan Sewu dengan bentang alam yang unik. Salah satu alam yang menarik yaitu, Rancang Kencana yang terletak di Desa Bleberan.

Rancang Kencono yang terletak di Padukuhan Menggoran, Desa Bleberan, Kecamatan Playen, , Yogyakarta, merupakan salah satu goa yang yang dihuni manusia prasejarah hingga modern. Diperkirakan goa yang terletak di kawasan air terjun Sri Getuk ini sudah dihuni sejak 3000 tahun lalu.

Selain fenomena di permukaan (eksokarst) yang berbentuk perbukitan karst, di juga terdapat fenomena di bawah permukaan (endokarst) yang berbentuk sungai bawah tanah, lembah, telaga, hingga luweng dan gua.

 

Gua yang dibuka menjadi tempat pada tahun 2009 ini, mudah dijangkau karena terletak satu area dengan objek Sri Gethuk. Untuk memasuki gua ini pun sangat mudah. Pengunjung cukup menuruni beberapa anak tangga yang terbuat dari susunan batu, maka akan sampailah di mulut gua. Di pintu gua pengunjung akan disambut oleh sebatang pohon klumpit yang tingginya sudah melampaui atap gua. Konon pohon ini usianya sekitar 300 tahun.

Gua Rancang Kencana terdiri dari 3 ruangan. Ruangan pertama adalah mulut gua, tempat masuk ke dalam gua. Mulut gua cukup luas. Sinar Matahari masih bisa menerangi ruang itu. Dulu, sebelum gua ini dibuka untuk umum, penduduk sekitarnya menggunakan tempat ini sebagai tempat olahraga. Seperti badminton.

Ruang kedua adalah ruang penghubung antara mulut gua dengan ruang utama. Di ruang kedua terdapat sebuah wadah dari batu yang berfungsi untuk menaruh sesaji, jika hendak bersemedi. Pintu masuk menuju ruang kedua sangat kecil. Pengunjung harus berjalan sambil berjongkok atau merunduk.

Ruang ketiga atau ruangan yang paling dalam adalah ruangan utama.  Dipercaya di salah satu dindingnya ada pintu menuju Gunung Merapi. Karena di situ terdapat gambar kunci.

Di pintu itu terdapat sebuah tulisan yang disebut prasati Prasetya Bhinekaku. Pada prasasti itu ada gambar bendera merah putih. Sementara di sampingnya ada gambar burung garuda. Ruang utama ini biasa digunakan sebagai tempat bersemedi.***

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here