Saturday, 20 April 2024
HomeBeritaWow! Arkeolog Temukan Desa Purba Berumur 3.400 Tahun di Irak

Wow! Arkeolog Temukan Desa Purba Berumur 3.400 Tahun di Irak

Bogordaily.net– Sebuah kota kuno yang berasal dari Kekaisaran Mittani sekitar 3.400 tahun yang lalu ditemukan para di Sungai Tigris di provinsi Duhok, .

“Kami menemukan kota kuno berusia 3.400 tahun di distrik Semel Duhok yang berasal dari periode Mittani,” kata Direktur Artefak Sejarah dan Budaya di Provinsi Duhok, Bekes Birifkani kepada wartawan.

Dilansir Suara.com dari Anadolu, ia mencontohkan kawasan itu dulunya berpenghuni hingga 1985, sebelum Bendungan Mosul dibangun pada 1990 dan membiarkan kawasan itu terendam air.

Dengan lebih dari 2.000 situs bersejarah telah ditemukan di kota sejauh ini, Birifkani mengatakan penggalian tahun ini juga memberikan hasil penting.

Temukan Mumi dan Harta Karun di Mesir Berasal dari 500 Tahun Sebelum Masehi, ada 250 Peti dan 150 Patung.

“Meskipun ribuan tahun telah berlalu, tembok dan strukturnya yang tingginya beberapa meter belum hancur,” katanya.

Hassan Ahmed, kepala Badan Perlindungan Warisan Budaya Pemerintah Daerah Kurdistan utara (KRG), mengatakan telah mengintensifkan pekerjaan sejak awal tahun karena surutnya air dari Sungai Tigris.

“Kami melakukan penggalian di sini dengan bantuan universitas Tubingen dan Freiburg Jerman. Ada banyak sisa bangunan di kota kuno ini dari periode Kekaisaran Mittani. Kota kuno yang kami temukan bernama Zahiko,” ucap dia.

“Meskipun ribuan tahun, tembok dan bangunan setinggi beberapa meter belum hancur,” imbuhnya.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here