Friday, 17 May 2024
HomeEkonomiWow! Inflasi AS Naik Gila-gilaan

Wow! Inflasi AS Naik Gila-gilaan

Bogordaily.net– (AS) mengalami kenaikan pada Mei 2022 mencapai 8,6%. Angka tersebut merupakan yang tertinggi sejak Desember 1981.

Dilansir dari Detik.com, laju yang panas itu memicu taruhan bahwa Federal Reserve akan menjadi lebih agresif dalam mencoba mendinginkan tekanan laju kenaikan harga. Salah satunya caranya dengan menaikkan suku bunga acuan yang lebih tinggi dalam beberapa bulan ke depan.

Padahal pembuat kebijakan Fed telah berjanji untuk menaikkan suku bunga setengah poin pada pertemuan mereka minggu depan dan pada akhir Juli mendatang.

Namun hal itu akan menjadi pengetatan kebijakan yang lebih dalam waktu tiga bulan daripada yang dilakukan The Fed di sepanjang 2018.

Sementara itu pada Jumat, 10 Juni 2022 kemarin, di pasar perdagangan berjangka yang sangat sensitif terhadap suku bunga mulai terlihat efeknya.

Sebuah survei terpisah dari University of Michigan menunjukkan ekspektasi jangka panjang naik ke level tertinggi sejak 2008.

Harga kontrak berjangka dana Fed sekarang mencerminkan peluang yang lebih baik dari kenaikan suku bunga 75 basis poin pada bulan Juli.

Imbal hasil pada Treasury dua tahun, dilihat sebagai proksi untuk suku bunga kebijakan Fed, mencapai 3% untuk pertama kalinya sejak 2008.

“Kami percaya bahwa data hari ini adalah pengubah permainan yang akan memaksa The Fed untuk beralih ke gigi yang lebih tinggi,” kata Ekonom Barclays, Aneta Markowska dari Jefferies dilansri dair Reuters, Minggu, 12 Juni 2022.

Sebagian besar ekonom masih memprediksi kenaikan suku bunga AS sebesar 0,5% minggu depan. Lalu untuk pertemuan setelahnya juga akan menaikkan dalam besaran yang sama, setidaknya hingga September 2022,

inti di AS sendiri mencapai 6% pada Mei, turun sedikit dari posisi April 6,2%. Namun angka itu masih jauh dari perkiraan Gubernur The Fed Jerome Powell.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here