Friday, 19 April 2024
HomeBerita1.700 Tewas Akibat Gelombang Panas di Spanyol-Portugal

1.700 Tewas Akibat Gelombang Panas di Spanyol-Portugal

Bogordaily.net–  yang melanda sejumlah negara di Eropa terus menelan korban jiwa. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) cabang Eropa menyebut telah menyebabkan 1.700 orang di Spanyol dan Portugal tewas.

“Panas mematikan. Selama beberapa dekade terakhir, ratusan ribu orang tewas akibat panas ekstrem kala lebih lama terjadi, kadang bersamaan dengan kebakaran hutan,” kata direktur regional WHO untuk Eropa, Hans Kluge, dalam sebuah pernyataan.

“Tahun ini, kita telah menyaksikan lebih dari 1.700 kematian akibat yang melanda Spanyol dan Portugal saat ini,” sambungnya.

Dilansir CNN Indonesia sebagaimana diberitakan AFP, Kluge menyampaikan data tersebut diambil dari data awal yang dilaporkan pihak berwenang setempat. Badan itu mengatakan “angka kematian telah meningkat dan bakal semakin meningkat dalam beberapa hari ke depan.”

Kluge menyebut angka pasti kematian akibat tidak bakal bisa diketahui dalam beberapa pekan ke depan, mengingat musim panas di benua itu masih belum usai.

Selain itu, Kluge menyampaikan masyarakat yang terpapar panas ekstrem seringkali mengalami perburukan masalah kesehatan yang sudah ada sebelumnya. Ia juga menyampaikan ini membawa risiko bagi kelompok rentan, seperti bayi, anak-anak, dan lanjut usia.

Lebih lanjut dia mengimbau, untuk mengatasi maka bersama-sama mengatasi perubahan iklim. Ia mendesak pemerintah dan pemimpin berbagai negara untuk mengimplementasikan Kesepakatan Paris yang bertujuan untuk mencegah suhu Bumi naik hingga dua derajat Celsius dari level pra-industrial.

Sebelumnya diberitakan saat ini sejumlah negara di dunia khususnya Eropa sedang mengalami fenomena yang ekstrem. Kenaikan suhu udara ini dilaporkan di beberapa negara seperti China dan sejumlah negara di benua Eropa. Akibat dari , infrastruktur rusak termasuk jalan raya. Tak hanya itu, juga mengakibatkan ratusan orang meninggal dunia.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here