Friday, 26 April 2024
HomeBerita139 Jamaah Haji Jalani Safari Wukuf Pakai Bus, Ini Penyebabnya

139 Jamaah Haji Jalani Safari Wukuf Pakai Bus, Ini Penyebabnya

Bogordaily.net– Jamaah yang sedang sakit menjalani safari wukuf. Jumlahnya mencapai 139 orang. Dari jumlah tersebut, sebanyak 112 jamaah disafariwukufkan dalam posisi duduk sementara 27 jamaah dalam posisi baring.

Jumlah tersebut meliputi pasien dari ruang ranap, IGD, isolasi, intermediate, greenzone, dan psikiatri. Hal ini dipastikan Kepala Pusat Kesehatan , dr. Budi Sylvana, MARS di Arafah, Jumat, 8 Juli 2022.

“Jamaah disafariwukufkan menggunakan 10 bus dan dikawal 4 ambulans. Sudah berangkat dari KKHi jam 12.00 WAS” lanjut dr. Budi dilansir Suara.com.

Sebanyak 112 Jamaah yang disafariwukufkan dalam posisi duduk terbagi ke dalam 6 bus. Sementara 27 jamaah dalam posisi baring terbagi dalam 4 bus.

Selama proses safari wukuf, dr. Budi menegaskan bahwa jamaah tetap dalam bus. Selain proses safari wukuf yang dilakukan oleh KKHI Makkah, terdapat 1 orang pasien yg disafariwukufkan oleh RSAS.

Persiapan pemberangkatan jamaah dan bus telah dimulai sejak jam 5 pagi. Pasien yang bisa mandi sendiri maka mandi sendiri. Jika bisa mandi di kamar mandi dengan pendampingan, maka didampingi. Dan yang tidak bisa, dimandikan oleh perawat di tempat tidurnya masing masing. Setelah itu jamaah dipakaikan baju ihram.

Masing masing bus didampingi oleh dua orang dokter, dua orang perawat, dan tenaga lainnya. Tim safari wukuf berangkat sejak pukul 12.00 dan dijadwalkan kembali dr Arafah jam 17.00 WAS

Setelah proses safari wukuf selesai, semua jamaah akan kembali di rawat di KKHI. Seluruh jamaah dikembalikan sesuai nomor bednya. Nama dan nomor bed dikalungkan untuk memudahkan. Sedangkan untuk jamaah yang berasal dari kloter, akan dikembalikan setelah kloternya kembali ke hotel.

Sebelumnya diberitakan, jelang puncak 2022, jamaah Indonesia sudah berada di Padang Arafah. Para jamaah berada di camp di timur Kota Mekkah dan Kamis pagi waktu Arab Saudi. Di sana mereka akan melaksanakan wukuf pada 9 Dzulhijah 1443 Hijriah.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here