Saturday, 20 April 2024
HomeBerita3 Manfaat Jahe untuk Kesehatan, Atasi Batuk dan Muntaber

3 Manfaat Jahe untuk Kesehatan, Atasi Batuk dan Muntaber

Bogordaily.net – Selain dikenal sebagai bumbu penyedap makanan dan rempah-rempah, manfaat jahe atau sangat banyak loh!

Akarnya yang berbentuk rimpang dengan akar daging berwarna kuning dan berbau menyengat, jahe bercabang-cabang seperti jemari, dengan ruas menggembung di tengah dan tangkai daun berbulu halus.

Berikut adalah 3manfaat jahe untuk kesehatan, yaitu sebagai berikut:

1. Mencegah mual dan muntah

Jahe membantu menginduksi mual dan muntah, karena jahe mengandung zat aktif yang sangat efektif menurunkan metoklopamid. Maka, wedang jahe hangat sangat cepat bereaksi menurunkan mual pada orang yang sedang mabuk perjalanan.

Jika Anda sering mabuk saat melakukan perjalanan, ada baiknya jika menyediakan wedang jahe hangat agar perut tidak mual dan terhindar dari muntah.

2. Mengobati batuk

Manfaat jahe lainnya untuk mengatasi batuk. Ambil satu rimpang jahe ukuran sedang, lalu dibakar. Tambahkan satu sendok adas dan kayu manis. Tambahkan pula enam buah cengkih dan gula merah secukupnya.

Jahe ditumbuk sedikit, lalu direbus bersama bahan-bahan lainnya menggunakan tiga gelas air. Biarkan sampai mendidih hingga air tersisa setengah. Lalu, minumlah tiga kali sehari, masing-masing empat sendok.

3. Mengatasi muntaber (muntah dan berak)

Cara mengonsumsi jahe untuk atasi muntaber, caranya adalah ambil jahe secukupnya. Tambahkan buah pala dan jintan. Tambahkan satu gelas santan. Tambahkan satu sendok minyak kayu putih. Lalu, haluskan dan campurkan hingga merata. Kemudian, gosokkan ke perut sampai merata.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here