3 Momen Lebaran Idul Adha Masa Kecil, No 1 Jadi Ritual Wajib

Menu

Mode Gelap
Hasil Piala Asia U-17, Timnas Indonesia Menang Tipis 3-2 Atas UEA Siap-siap Tampung Air, Pipa PDAM Sedang dalam Perbaikan Tidak Ditilang, Polisi Tegur Ratusan Pelanggar pada Hari Kedua Operasi Zebra Lodaya Update Terkini Perbaikan Pipa PDAM, Ini Wilayah yang Terdampak Buntut Tragedi Stadion Kanjuruhan, Kapolres Malang AKBP Ferli Hidayat Dicopot!

Nasional ยท 10 Jul 2022 15:09 WIB

3 Momen Lebaran Idul Adha Masa Kecil, No 1 Jadi Ritual Wajib


 Ilustrasi hewan kurban (Unsplash.com/@taliwang_mengaji) Perbesar

Ilustrasi hewan kurban (Unsplash.com/@taliwang_mengaji)

Bogordaily.net – Momen lebaran Idul Adha masa kecil ini pasti akan membawa Anda bernostalgia. Bahkan ada ritual yang hampir dilakukan semua anak kecil saat lebaran kurban tiba yang bikin kangen.

Setidaknya ada 3 momen Lebaran Idul Adha masa kecil yang akan membuat Anda senyum-senyum sendiri jika kembali mengingatnya.

Di Indonesia, tradisi Idul Adha cukup beragam tergantung daerah masing-masing.

Saat kita masih kanak-kanak, Idul Adha menjadi hari yang sangat menyenangkan. Dahulu, kita selalu menyambut gembira momen tersebut bersama keluarga dan teman dekat.

Di umur yang sudah dewasa ini, kita cenderung menikmati momen Idul Adha bersama keluarga saja. Beberapa orang malah tidak sempat merayakan karena sibuk bekerja.

Momen Idul Adha terkadang membuat nostalgia beberapa orang dewasa. Mengingat banyak hal menyenangkan di hari Idul Adha saat kecil dulu.

Dikutip dari yoursay.id -jaringan suara.com– berikut momen Idul Adha yang kita lakukan saat masih anak-anak.

1. Sibuk Melihat Sapi dan Kambing

Menjelang hari Idul Adha, biasa beberapa tempat sudah menyediakan lapak untuk pemotongan hewan kurban. Beberapa kambing atau sapi umumnya sudah berada di tempat itu.

Dahulu, kita selalu menyempatkan waktu untuk melihat hewan kurban tersebut sampai bosan. Beberapa dari kita pasti pernah mencoba menaiki domba saat masih kecil. Hal tersebut sangat menyengkan dan kerap kali membuat tawa.

2. Takbiran

Saat menjelang malam takbiran, biasa kita sudah berjanjian dengan teman untuk berkeliling di malam takbiran. Memang tidak semeriah malam takbiran Idul Fitri, namun hal tersebut menjadi momen yang sangat menyenangkan.

Sebagai orang dewasa, sungguh miris melihat anak kecil jaman sekarang yang hanya menghabiskan malam takbiran dengan bermain game ponsel. Mereka tidak merasakan masa-masa menyenangkan saat malam takbiran sebelum ponsel mulai populer.

3. Antusias Melihat Sapi yang Hendak Turun dari Mobil

Saat salah anak kecil berteriak kalau ada sapi yang akan datang, kita pasti langsung menunggu mobil yang membawa sapi tersebut. Dengan antusiasnya, kita mendekat ke arah mobil tersebut dan akhirnya diusir oleh bapak yang akan menurunkan sapi dari mobil.

Kita akan berteriak saat sapi yang ingin diturunkan tersebut berontak. Pasti selalu ada bapak-bapak yang mengomel dan menyuruh anak-anak untuk menjauh. Hal itu dahulu sangat menyenangkan meski hal tersebut terlihat sepele. ***

Artikel ini telah dibaca 7,500 kali

badge-check

Redaktur

 
Baca Lainnya

Tembok MTSN 19 Roboh Gegara Banjir, 3 Siswa Meninggal Dunia

6 Oktober 2022 - 22:11 WIB

tembok MTSN 19 roboh

Tok! Ini 6 Tersangka Tragedi Kanjuruhan

6 Oktober 2022 - 21:01 WIB

Tersangka Tragedi Kanjuruhan

Situs Web JW.ORG Bantu Orang Tua Tangani Depresi Anak

6 Oktober 2022 - 16:34 WIB

depresi anak

Army Indonesia Donasi Ratusan Juta untuk Kanjuruhan

6 Oktober 2022 - 12:35 WIB

Info Lengkap Hasil Seleksi Pendamping Desa 2022: Cara Cek dan Besaran Gajinya

6 Oktober 2022 - 12:07 WIB

seleksi Pendamping Desa 2022

Syarat dan Cara Membuat Paspor Terbaru, Masa Berlaku Jadi 10 Tahun

6 Oktober 2022 - 11:16 WIB

Trending di Nasional