Wednesday, 24 April 2024
HomeBerita4 Manfaat Buah Matoa untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui

4 Manfaat Buah Matoa untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui

Bogordaily.net – Sering dijadikan obat tradisional karena ada banyak manfaat yang bisa didapatkan, Matoa ternyata salah satu tanaman asli Indonesia yang berasal dari tanah Papua.

Matoa merupakan yang masih satu keluarga dengan leci dan lengkeng.

ini memiliki kulit yang tipis dan keras, daging buahnya berwarna putih dengan tekstur kenyal yang mirip rambutan.

Dikenal kaya akan vitamin C dan E. Sama halnya dengan leci dan lengkeng, ini juga tinggi akan kandungan air dan mineral.

Berikut ini penjelasannya yang telah dirangkum dari laman hellosehat :

1. Memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral

matoa memiliki kandungan gizi yang beragam, khususnya kandungan vitamin dan mineral. Kaya akan vitamin C dan E, ini dapat menangkal radikal bebas. Selain itu, ini juga memiliki beberapa kandungan mineral seperti kalsium dan kalium.

2. Membantu mencegah penyakit kronis

Dapat menurunkan risiko penyakit kronis, seperti stroke, penyakit jantung, diabetes, dan kanker. matoa juga kaya akan zat tanin, yakni salah satu antioksidan. Namun, manfaat ini perlu diteliti lebih lanjut. Karena, para ahli belum tahu pasti seberapa banyak zat tanin yang harus dikonsumsi agar radikal bebas tidak terjadi di dalam tubuh.

3. Melawan penyakit infeksi

Dilansir dari Semantic Scholar, sebuah penelitian yang dilakukan di Bogor, Jawa Barat. Disini dibuktikan bahwa matoa dapat menghambat perkembangan bakteri penyebab infeksi saluran napas dan saluran kemih.

4. Menurunkan tekanan darah

Ekstrak matoa diketahui mengandung zat yang bersifat diuretik, yakni meningkatkan jumlah cairan yang dikeluarkan dari dalam tubuh. Jika tubuh mengeluarkan banyak cairan (termasuk dari pembuluh darah), tekanan darah juga akan berangsur menurun.***

(Riyaldi Suhud)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here