Thursday, 25 April 2024
HomeNasional5 Cara Merawat Ponsel Agar Awet Hingga Bertahun-Tahun

5 Cara Merawat Ponsel Agar Awet Hingga Bertahun-Tahun

Bogordaily.net – Ponsel kini sudah seperti kebutuhan pokok bagi banyak orang. Untuk itu, ponsel harus benar-benar dijaga agar lama. Berikut cara agar digunakan hingga bertahun-tahun kemudian.

Pasalnya saat ini banyak urusan pekerjaan yang selalu melibatkan ponsel sehingga Anda jadi sulit untuk terlepas dari perangkat tersebut.

Oleh karena itu, Anda harus dapat merawat HP Android dan iPhone dengan baik agar tidak mudah rusak. Sebab jika ponsel mengalami kerusakan maka Anda akan kerepotan untuk memperbaikinya.

Selain penting untuk memantau HP, juga penting untuk merawatnya dengan baik. Bagaimana cara merawat dan merawat HP dengan baik?

Berikut cara Android dan iPhone sehingga bisa dan tahan lama:

1. Gunakan Charger Original

Hal pertama yang perlu Anda lakukan untuk membuat HP tetap adalah dengan menggunakan charger yang original.

Pasalnya, selain membuat daya terisi perlahan, menggunakan charger yang tidak asli atau KW juga dapat merusak ponsel, lho. Penggunaan powerbank yang terlalu sering juga harus Anda hindari.

2. Matikan Ponsel Saat Tidak Digunakan

Hal lainnya yang perlu dilakukan agar HP tetap dan tahan lama adalah dengan mematikannya saat tidak digunakan. Dengan begitu, Anda memberi waktu istirahat pada ponsel sehingga dapat bekerja lebih optimal ketika dihidupkan kembali. Anda dapat mengistirahatkan ponsel pintar yang Anda miliki sesaat sebelum beranjak tidur di malam hari.

3. Simpan Smartphone di Tempat yang Aman

Meskipun terdengar sepele, menyimpan ponsel di tempat yang aman juga merupakan hal yang penting untuk memperpanjang usia ponsel Anda. Hal ini karena keteledoran bisa saja terjadi ketika Anda menaruh ponsel sembarangan.

Dengan menyimpan ponsel di tempat yang aman, dapat mengurangi resiko ponsel mengalami hal-hal yang tidak diinginkan. Misalnya saja, tersiram air, tergores serpihan atau benda-benda kasar di sekitar, hingga terjatuh dari ketinggian.

Selain itu, perlu diingat juga bahwa ponsel pintar dengan layar sentuh memiliki sensitivitas yang tinggi. Untuk itu, Anda harus bisa memastikan bahwa ponsel pintar yang Anda miliki disimpan di tempat yang aman, baik dari resiko tergores maupun terjatuh dari ketinggian. Sebagai upaya pencegahan, Anda juga bisa menggunakan pelindung layar HP dan aksesoris tambahan untuk melindungi ponsel dari goresan dan benturan.

4. Menghapus Cache

Data cache juga perlu diperhatikan agar ponsel berada pada performa terbaiknya untuk digunakan dalam waktu yang lama. Memang, data cache membantu aplikasi bekerja dengan lebih cepat dan efisien. Namun, data cache yang menumpuk malah membuat performa dari ponsel menurun. Bahkan, dapat menyebabkan error pada aplikasi.

Oleh karena itu, penting untuk menghapus data cache secara berkala agar performa ponsel pintar tetap terjaga dan digunakan. Anda dapat menghapus data cache tiap tiga hari sekali atau bahkan seminggu sekali.

5. Hindari Streaming Saat Sedang Mengisi Daya

Menonton film berjam-jam saat ponsel sedang diisi daya jadi faktor lain baterai smartphone cepat rusak. Hal itu terjadi karena kerja smartphone yang berat saat sedang diisi dayanya. Oleh karena itu, sebaiknya Anda menghindari kebiasaan streaming film ketika mengisi daya baterai.

Dengan begitu, niscaya ponsel pintar Anda akan lebih dan dapat kuat digunakan beraktivitas seharian karena kualitas baterai yang terjaga.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here