Friday, 10 May 2024
HomeBerita5 Dampak Buruk Terlalu Banyak Mengonsumsi Soda Diet

5 Dampak Buruk Terlalu Banyak Mengonsumsi Soda Diet

Bogordaily.net – Soda merupakan jenis minuman ringan berkarbonasi yang diklaim bebas kalori, gula, serta karbohidrat.

Hal itu dikarenakan soda tidak mengandung pemanis alami berupa gula, namun diganti dengan pemanis buatan seperti aspartam, sakarin, suclarose, dan jenis lainnya.

Soda ini sering digunakan sebagai alternatif minuman manis non gula karena dianggap dapat membantu dalam penurunan berat badan. Akan tetapi, terlalu banyak mengonsumsi dapat menimbulkan risiko yang buruk bagi kesehatan.

Mengutip dari Yoursay, berikut  5 dampaknya :

1. Mengganggu Kesehatan Pencernaan

Beberapa penelitian yang telah dilakukan baik secara klinis maupun pra klinis menunjukkan bahwa mengonsumsi soda yang mengandung pemanis buatan akan mempengaruhi keseimbangan mikrobioma (bakteri baik di usus).

Padahal mikrobioma di usus memainkan peran penting dalam sistem imunitas tubuh dan penyerapan zat gizi dari makanan. Itu berarti jika anda terlalu banyak mengonsumsi soda ini perhari, maka akan semakin besar pula resiko gangguan sistem pencernaan yang akan terjadi.

2. Mengikis Lapisan Enamel Gigi

Minuman bersoda juga dinilai dapat meningkatkan risiko terjadinya kerusakan enamel gigi. Hal itu disebabkan oleh tingginya keasaman pada semua jenis soda termasuk soda yang akan mengikis lapisan enamel pada gigi.

Itu artinya semakin banyak anda mengonsumsi soda , maka semakin besar pula kerusakan yang terjadi enamel gigi.

3. Menyebabkan Sakit Kepala

Selain mengandung pemanis buatan, juga terdapat kafein didalamnya. Kedua jenis zat ini apabila dikonsumsi secara berlebihan akan meningkatkan risiko terjadinya sakit kepala bagi sebagian orang.

4. Mengurangi Kepadatan Tulang

Selain pemanis buatan, minuman soda juga mengandung asam fosfat dalam jumlah tinggi. Kandungan asam fosfat inilah yang dinilai dapat mengurangi kepadatan tulang, sehingga berpotensi terjadinya osteoporosis.

5. Meningkatkan Risiko Sindrom Metabolik

Berbagai penelitian observasional yang telah dilakukan menunjukkan bahwa dengan mengonsumsi soda ini secara terus menerus akan meningkatkan risiko timbulnya penyakit jantung, stroke dan juga resistensi insulin yang berakibat pada terjadinya penyakit diabetes melitus tipe 2.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here