Friday, 19 April 2024
HomeBerita5 Jenis Minuman yang Berisiko Picu Serangan Jantung

5 Jenis Minuman yang Berisiko Picu Serangan Jantung

Bogordaily.net–  Serangan jantung bisa mengicar siapa pun tanpa pandang usia. Namun, semakin lama kita hidup, semakin tinggi risiko terkena serangan jantung. Sebab selain faktor genetik, kurangnya olahraga, terlalu berlebihan berolahraga, pola hidup dan pola makan yang buruk, pun bisa menjadi salah satu faktor pemicu serangan jantung. Dilansir Your Say Suara.com, berikut lima jenis yang paling berisiko memicu serangan jantung:

berkarbonasi atau soda

Rata-rata, air soda yang dijual sudah bercampur dengan sirup dan pemanis sintetis berlebihan. Efek menyegarkan dari mengkonsumsi soda memang membuat ketagihan. Namun, sebuah studi baru menunjukkan bahwa orang yang mengkonsumsi bersoda lebih dari 350ml sehari berpotensi memiliki level lemak darah yang abnormal yang bisa memicu serangan jantung mendadak.

Kopi

Orang yang mengkonsumsi 6 cangkir kopi dalam satu hari dapat menaikkan lemak dalam darah yang berpotensi memicu terjadinya serangan jantung 3 kali lipat dari orang yang mengkonsumsi kopi satu cangkir perhari.

berenergi

berenergi juga menjadi salah satu jenis paling berisiko memicu serangan jantung. Sama halnya dengan soda, berenergi rata-rata mengandung gula sintetis yang tinggi yang dapat memicu penumpukan lemak dalam darah yang berimbas pada serangan jantung serta diabetes. Selain itu, mengkonsumsi berenergi secara berlebihan juga akan membuat tekanan darah tinggi yang bisa mengebabkan ketidakteraturan ritme jantung.

beralkohol

Minuman beralkohol juga masuk ke dalam daftar yang patut diwaspadai. Berbeda dengan jenis minuman kopi yang baru berpotensi mengganggu kesehatan saat dikonsumsi berlebih, alkohol, memiliki potensi pemicu berbagai penyakit bahkan jika kamu hanya mengkonsumsinya sedikit setiap hari.

Minuman dengan kadar lemak dan gula tinggi

Minuman dengan kandungan lemak dan gula tinggi seperti milkshake, milk tea, dan sebagainya dengan tambahan berbagai toping manis seperti boba, cokelat, atau biskuit, akan sama berbahayanya dengan mengkonsumsi keempat minuman di atas. Susu yang mengandung kadar lemak jenuh serta tinggi gula juga bisa memicu penyakit lain seperti diabetes hingga gagal ginjal.

Mengkonsumsi berbagai jenis minuman di atas mungkin sah-sah saja selama dalam batas yang dianjurkan. Tidak semua orang bisa bebas meminumnya. Dan, setiap orang mungkin memiliki kadar anjuran yang berbeda.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here