Friday, 19 April 2024
HomeBerita5 Negara dengan Predikat Tersepi di Dunia, Ternyata Ada Lho!

5 Negara dengan Predikat Tersepi di Dunia, Ternyata Ada Lho!

Bogordaily.net – Sebuah negara umumnya diisi dengan sejumlah penduduk. Namun ternyata, ada negara yang mendapat predikat di , dimana populasi warganya sedikit. Siapa sajakah negara dengan predikat di ini?

Mengetahui kepadatan penduduk yang mendiami suatu wilayah atau negara, dapat dihitung melalui perbandingan antara jumlah penduduk dan luas daerah yang ditempati.

Semakin besar hasil angka perbandingannya maka semakin padat wilayahnya. Begitu pun sebaliknya, semakin kecil angkanya maka semakin

Berikut daftar negara dengan jumlah penduduk sedikit di bersasarkan laman World Atlas :

1. Australia

Australia termasuk benua terkecil di dengan tingkat kepadatan penduduknya yaitu 3,25 orang per kilometer persegi.

Meski negara Australia sering dirujuk wisatawan karena memiliki banyak destinasi pariwisata, sebagian besar penduduk aslinya rata-rata tinggal di kota yang ada pesisir.

Sementara kawasan pedalaman atau pedesaan negara ini sepi penduduk bahkan dijadikan tempat wisata dengan tingkat keramaian rendah pada momen tertentu saja.

Dikarenakan penduduknya lebih memiliki menetap di perkotaan, sebagian besar wilayah pedalaman ini menjadi kering, gersang, serta tidak ramah untuk pertumbuhan organik.

2. Greenland

Greenland termasuk negara otonom dan bagian dari Kerajaan Denmark yang sudah dihuni sejak 4500 tahun. Sebagian besar kawasan Greenland tertutup es, jika es tersebut mencair maka permukaan laut di seluruh akan naik hingga 7 meter.

Sementara jumlah penduduknya pada 2020 hanya 56 ribu jiwa dengan luas wilayah sekitar 2,1 juta kilometer persegi. Sebagian penduduk asli Greenland menetap di kawasan Nuuk yang menjadi ibu kota sekaligus kota terbesar.

3. Kanada

Kanada atau Dominion of Canada adalah negara yang berada di paling ujung utara kawasan Amerika Utara.

Luas wilayahnya mencapai 9.984.670 kilometer persegi, sedangkan jumlah penduduknya pada 2020 yaitu 38,1 juta jiwa. Kemudian pada tahun 2021 jumlah penduduk di negara Kanada tercatat naik menjadi 38,2 juta jiwa.

Negara di ini mempunyai sebuah kota kecil bernama Tilt Cove. Pada 2016 lalu kota tersebut hanya dihuni oleh 4 orang serta berbagai jenis hewan ternak penduduknya.

4. Mongolia
Mongolia berada di Asia Timur dan letaknya berbatasan langsung dengan Rusia dan Tiongkok. Luas wilayahnya sekitar 1.564.116 kilometer persegi.

Meski mempunyai luas wilayah yang terbilang tidak kecil, tercatat hanya 2,04 orang yang menempati setiap kilometer persegi daratan Mongolia ini.

Penyebab sepinya jumlah penduduk di sini karena mereka kesulitan dalam menempati tanahnya karena perbatasan Rusia serta Tiongkok.

5. Libya

Libya merupakan negara di wilayah Afrika Utara yang luasnya hampir 1,8 juta kilometer persegi. Pada 2020 jumlah penduduknya tercatat ada 6,8 juta jiwa dan bisa dikatakan sedikit dibanding dengan luas wilayahnya.

Kawasan kota kuno di Libya yang berdiri sejak zaman Yunani juga diketahui sepi dan jarang pengunjung. Di kota kuno ini terdapat sebuah bangunan tua yaitu Cynere yang terbengkalai dan menjadi salah satu situs Warisan UNESCO.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here