Friday, 29 March 2024
HomeBerita5 Negara di Dunia yang Dilanda Gelombang Panas

5 Negara di Dunia yang Dilanda Gelombang Panas

Bogordaily.net– Saat ini sejumlah di dunia sedang mengalami fenomena gelombang panas yang ekstrem. Kenaikan suhu udara ini dilaporkan di beberapa seperti China dan sejumlah di benua Eropa. Akibat dari gelombang panas, infrastruktur rusak termasuk jalan raya. Tak hanya itu, gelombang panas juga mengakibatkan ratusan orang meninggal dunia. Dilansir Suara.com, berikut - yang mengalami fenomena cuaca gelombang panas?

Portugal

Portugal merupakan yang mengalami gelombang panas dengan suhu yang paling ekstrem. Pekan lalu, suhu suhu udara di tersebut tercatat hingga 47 derajat Celsius atau 117 derajat Fahrenheit. Suhu tersebut tercatat terjadi di Kota Pinhao. Pada Rabu 13 Juli 2022 lalu, suhu udara ini disebut-sebut yang paling tinggi diantara - di benua Eropa lainnya. Akibat gelombang panas ini, kekeringan dan kebakaran hutan terjadi di sejumlah di Portugal. Dan di negara tersebut tercatat setidaknya ada 1.000 kematian akibat gelombang panas.

China

Gelombang panas di China terjadi di sejumlah kota, termasuk Shanghai. Akibat fenomena ini, sedikitnya 86 kota telah mengeluarkan peringatan, yakni berupa seruan waspada bagi warga karena suhu udara sudah lebih dari 40 derajat celcius. Segala proyek infrastruktur dan pekerjaan yang dilakukan di luar ruangan harus dihentikan demi keselamatan. Gelombang panas tersebut mengakibatkan sejumlah jalan di China retak dan bahkan genteng bangunan meleleh. Sementara itu, Pusat Meteorologi Nasional China memperkirakat gelombang panas akan terjadi hingga 15 Agustus 2022 mendatang.

Inggris

Landasan pacu di Bandara Luton, London rusak dan sejumlah penerbangan harus ditunda akibat gelombang panas. Tak hanya itu, landasan pacu milik Angkatan Udara Inggris Royal Air Force juga meleleh akibat gelombang panas. Sama dengan di Bandara Luton, kegiatan penerbangan di Royak Air Force juga terpaksa harus dihentikan. Akibat gelombang panas ini, Badan Keamanan Inggris telah mengumumkan keadaan darurat nasional. DIlaporkan, suhu maksimum yang ada di Inngris tercatat mencapai 40 derajat celcius.

Prancis

Suhu tertinggi di negara Prancis tercatat di Kota Cazaux. Di sana suhu udaranya mencapai 42,4 derajat celcius. Suhu tersebut merupakan yang tertinggi sejak stasiun cuaca setempat dibangun sekitar 100 tahun lalu. Akibat gelombang panas tersebut, kebakaran hutan terjadi di wilayah barat Perancie, Gironde dan karenanya, 32 ribu orang terpaksa harus mengungsi. Selain itu, suhu panas di Prancis juga dilaporkan terjadi di sejumlah kota besar di Perancis Barat, diantaranya Nantes dan Brest.

Spanyol

Suhu udara di Spanyol dilaporkan mencapai 42 derajat celcius. Akibat gelombang panas yang terjadi di Spanyol, tercatat lebih dari 500 orang meninggal dunia. Seperti Portugal dan Prancis, gelombang panas di Spanyol juga mengakibatkan kebakaran hutan. Tercatat sedikitnya ada 30 kejadian kebakaran hutan di negara tersebut, diantaranya di Provinsi Castilla, Leon, Gailicia dan Andalusia.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here