5 Penyebab Mundurnya Siklus Menstruasi Pada Wanita

Menu

Mode Gelap
FIFA Resmi Umumkan Jadwal Kick-off Piala Dunia 2022 Dimajukan Hari Ini Harga Emas Antam Turun Rp 5.000 Per Gram Diserang Kelompok ADF, 800 Napi Penjara di Kongo Timur Kabur Jangan Telat Perpanjang Sim, Cek di Sini Lokasinya! Bupati Pemalang Terjaring OTT KPK

Kesehatan · 6 Jul 2022 16:23 WIB

5 Penyebab Mundurnya Siklus Menstruasi Pada Wanita


 Penyebab Siklus Menstruasi Datang Terlambat. (grid.id/Bogordaily.net) Perbesar

Penyebab Siklus Menstruasi Datang Terlambat. (grid.id/Bogordaily.net)

Bogordaily.net – Siklus bulanan wanita berupa datang bulan atau menstruasi merupakan salah satu hal yang biasa dialami. Namun pada beberapa orang, datangnya menstruasi ini tidak terjadi pada waktu yang tepat sesuai siklus karena kadang maju atau mundur.

Masalah mundurnya jadwal ini lah yang seringkali membuat datang bulan pada wanita terlambat.

Beberapa hal dapat menunda siklus menstruasi Anda, mulai dari perubahan gaya hidup hingga kondisi kesehatan, berikut contohnya:

1. Stres

Sistem respons stres tubuh Anda berakar di bagian otak yang disebut hipotalamus. Ketika tingkat stres Anda memuncak, otak akan memberi tahu sistem endokrin untuk membanjiri tubuh dengan hormon yang mengaktifkan mode fight-or-flight Anda.

Hormon-hormon ini menekan fungsi, termasuk sistem reproduksi Anda, yang tidak penting untuk menghindari ancaman yang akan segera terjadi.

2. Anda kehilangan atau menambah berat badan

Perubahan berat badan yang parah dapat mengacaukan siklus menstruasi. Peningkatan atau penurunan lemak tubuh yang ekstrem, misalnya, dapat menyebabkan ketidakseimbangan hormon yang menyebabkan menstruasi terlambat atau bahkan berhenti.

3. Olahraga berlebihan

Olahraga yang berat juga dapat menyebabkan menstruasi tertunda. Ini paling sering terjadi pada mereka yang berlatih selama beberapa jam sehari. Itu terjadi karena, entah disengaja atau tidak, kita membakar lebih banyak kalori daripada yang kita konsumsi.

Ketika kita membakar terlalu banyak kalori, tubuh tidak memiliki energi yang cukup untuk menjalankan semua sistemnya. Olahraga berat dapat meningkatkan pelepasan hormon yang dapat memengaruhi menstruasi.

4. Pola makan yang buruk

Pola makan yang buruk seperti kurangnya nutrisi, zat antioksidan, atau serat bisa membuat jadwal menstruasi tak teratur. Oleh karena itu, perbanyak konsumsi makanan sehat seperti buah dan sayuran segar untuk membuat siklus menstruasimu jadi normal.

5. Masalah tiroid

Tiroid tidak dianggap sebagai biang keladi yang berhubungan dengan ketidakseimbangan hormon. Namun tiroid yang menjadi bagian dari sistem endokrin berkaitan erat dengan sistem reproduksi.

Saat kamu mengalami hipotiroidisme atau kelenjar tiroid yang kurang aktif maka kamu akan mengalami kelelahan yang amat sangat, sembelit, rambut rontok, serta keluarnya darah yang berlebihan saat sedang datang bulan. Sementara saat kamu mengalami hipertiroidisme atau kelenjar tiroid yang terlalu aktif maka akan menyebabkan penurunan berat badan, detak jantung yang terlalu cepat, sulit tidur, gelisah, dan tidak teraturnya siklus datang bulan.

Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Redaktur

 
Baca Lainnya

5 Hal yang Dilakukan Sebelum Tidur demi Kesehatan

13 Agustus 2022 - 18:28 WIB

Dilakukan sebelum tidur

Salah Satunya Mencerahkan Kulit, Ini 5 Manfaat Apel untuk Kesehatan Wajah

13 Agustus 2022 - 16:34 WIB

Ngeri, Pesan Dokter Boyke Jangan Keseringan Minum Kopi Obat Kuat Berbahaya!!!

12 Agustus 2022 - 18:53 WIB

Kebiasaan Pagi Hari

Kenali 5 Sinyal Tubuh Alami Dehidrasi, Jangan Diabaikan!

12 Agustus 2022 - 11:49 WIB

Dehidrasi

Wajib Tahu! Manfaat Ciuman dengan Pasangan bagi Kesehatan

12 Agustus 2022 - 09:52 WIB

Fakta Unik, Rutin Makan Sayur Bisa Tingkatkan Daya Ingat

12 Agustus 2022 - 09:27 WIB

Makan Sayur
Trending di Kesehatan