Friday, 26 April 2024
HomeBerita50 Persen Jemaah Sudah Pulang ke Tanah Air

50 Persen Jemaah Sudah Pulang ke Tanah Air

Bogordaily.net – Jumlah tahun 2022 asal Indonesia yang telah pulang meninggalkan tanah suci untuk kembali ke Indonesia setidaknya sudah mencapai 50 persen.

“Insya Allah pemulangan terus berlanjut, hari ini memasuki 50 persen. Kita ingin mengawal pemulangan sampai tidak ada kendala lagi baik keterlambatan ataupun kita antisipasi hal-hal yang tidak diinginkan,” ujar Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah (Dirjen PHU) Hilman Latief dikutip dari laman Kemenag, Sabtu 20 Juli 2022.

Dalam rapat evaluasi yang diikuti seluruh pimpinan Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi, juga dilakukan beberapa simulasi terkait masalah yang timbul saat proses pemulangan .

“Kita ingin mengawal pemulangan. Juga ada simulasi andaikan ada keterlambatan pesawat, baik pengaturan tas, bus, hingga koper jemaah,” papar Hilman.

“Keterlambatan kita komunikasikan dan kita sampaikan konsekuensinya. Kalau berkonsekuensi tambah masa tinggal jemaah kita sampaikan karena itu ada dalam kontrak,” jelasnya.

Hilman menambahkan, evaluasi haji tahun ini menunjukkan tingkat kepuasan jemaah meningkat.

“Kita tidak menilai sendiri tapi dari PHU memastikan prosedur yang kita tentukan bisa dijalankan. Aturan terkait pelayanan juga dijalankan. Apakah jemaah puas? Insya Allah kami sedang meminta lembaga independen untuk mensurvei,” tandasnya.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here