Sunday, 28 April 2024
HomeNasional6 Tips Hilangkan Bau Prengus Pada Daging Kurban

6 Tips Hilangkan Bau Prengus Pada Daging Kurban

Bogordaily.net – Olahan daging kambing banyak dihindari oleh sejumlah orang karena bau khasnya yang sangat prengus juga keras saat dikunyah. Namun, berikut adalah tips hilangkan bau prengus pada daging .

Nah, sebentar lagi saat IdulAdha, mungkin anda akan mendapatkan daging kambing. Jangan buru-buru menolaknya karena ada cara mudah agar olahan daging kambing tidak bau saat dibuat menjadi sate, sop, maupun tongseng.

Berikut beberapa teknik yang bisa dilakukan untuk hilangkan bau prengus dari daging saat Idul Adha nanti.

1. Jangan Mencuci Daging

Langkah pertama yang bisa dilakukan untuk menghilangkan bau amis pada daging dari sapi adalah jangan mencuci daging tersebut.

Mencuci daging justru akan menimbulkan bau amis atau prengus semakin kuat karena membuat bakteri dalam daging semakin banyak.

Apabila ingin menyimpan daging tersebut, bisa dibersihkan terlebih dahulu dengan cara memotong bagian yang kotor atau membersihkannya dengan lap bersih atau tisu dapur.

2. Rebus Daging Sebelum Diolah

Cara lain membersihkan daging ialah dengan merebus daging sapi sebelum diolah. Rebuslah daging sapi dalam air yang mendidih, tentunya untuk menghilangkan kotorannya.

Kemudian, buang air rebusan daging setelah air berubah jadi keruh dan muncul buih di permukaan air tersebut.

Setelah itu, ganti air dengan yang baru, lalu rebus kembali daging untuk mendapatkan kaldu pertama dari daging sapi tersebut.

3. Langsung Olah Daging

Jika mendapatkan daging kurban seperti daging sapi, sebaiknya langsung saja diolah tanpa dicuci terlebih dahulu. Mencuci daging bisa membuang nutrisi yang terkandung di dalamnya.

Sebelumnya potong daging kurban sesuai keinginan, terutama buang bagian lemaknya. Anda bisa memotong daging searah dengan serat pada daging tersebut.

Setelah itu, buang bagian lemaknya karena sumber bau prengus yang paling kuat pada daging berasal dari lemaknya.

Selanjutnya, bisa langsung merebus daging sapi menggunakan air bersih. Hal ini bisa dilakukan sesuai dengan teknik yang kedua tadi, yakni direbus dua kali dengan menggunakan api kecil.

4. Gunakan Daun Jambu Klutuk

Sebenarnya selain menggunakan daun jeruk atau perasan air jeruk nipis, Anda juga bisa menggunakan daun jambu klutuk untuk menghilangkan bau amis pada daging sapi.

Daun jambu tersebut cukup diremas-remas bersamaan dengan daging, kemudian diamkan selama 15 sampai 20 menit.

5. Gunakan Nanas

Anda bisa menggunakan buah nanas untuk menghilangkan bau amis pada daging sapi. Caranya cukup melumuri daging dengan irisan atau parutan buah nanas. Manfaat dari buah nanas juga bisa membuat daging lebih empuk saat dimasak.

6. Gunakan Daun Pepaya

Bisa juga menggunakan daun pepaya untuk mengempukan daging. Caranya, cukup dengan membungkus daging menggunakan daun pepaya secukupnya.

Diamkan selama 15 sampai 20 menit, manfaatnya pun tak hanya menghilangkan bau amis pada daging, namun bisa membuat daging lebih empuk.*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here