Tuesday, 19 March 2024
HomeNasionalAmalan Sunnah Saat Idul Adha Selain Puasa, Sederhana Tapi Kaya Pahala

Amalan Sunnah Saat Idul Adha Selain Puasa, Sederhana Tapi Kaya Pahala

Bogordaily.net – Sunnah saat sederhana tapi kaya pahala. Merayakan hari raya ini bukan hanya merayakan kegembiraan tapi juga banyak amal yang bisa diraih.

Beberapa sunnah ini justru sangat sederhana, namun memiliki pahala yang berlimpah.

Sebagai ibadah yang dilaksanakan dalam satu tahun sekali, maka dalam perayaan Idul Adha ini, terdapat - sunnah yang diistimewakan agar mendapat pahala dari Allah SWT.

Seperti diketahui bahwa pemerintah telah menetapkan perayaan Hari Raya Idul Adha ini pada tanggal 10 Juli 2022.

Menjelang hari raya, umat muslim biasanya melaksanakan ibadah puasa sunnah yang disebut dengan puasa Arafah pada tanggal 9 Dzulhijjah.

Selain puasa Arafah, ada juga - sunnah lain di Hari Raya Idul Adha. Apa saja? Simak informasi sunah saat Idul Adha berikut ini.

1. Mengumandangkan Takbir

sunnah pada Idul Adha yang pertama adalah mengumandangkan takbir. Umat muslim dianjurkan untuk mengumandangkan takbir di masjid-masjid, mushola, dan rumah-rumah pada malam hari raya.

Takbir sendiri dikumandangkan dari terbenamnya matahari sampai imam naik ke mimbar untuk berkhotbah pada hari raya Idul Adha, sampai hari terakhir pada tanggal 13 Dzulhijjah pada hari tasyrik.

Hal tersebut karena pada malam-malam tersebut, umat muslim dianjurkan untuk mengagungkan, memuliakan, dan menghidupkan perayaan Idul Adha.

Di Hari Raya Idul Adha, umat muslim disunnahkan untuk memakai wewangian, memotong rambut, memotong kuku, dan menghilangkan bau-bau yang tidak enak. Hal tersebut dilakukan untuk memperoleh keutamaan Hari Raya Idul Adha.

4. Menggunakan Pakaian Terbaik

Umat muslim disunnahkan untuk menggunakan pakaian terbaiknya pada saat perayaan Idul Adha. Memakai pakaian yang paling baik, bersih, dan suci memilikinya.

5. Berjalan Menuju Masjid

Umat muslim dianjurkan untuk berjalan kaki menuju masjid atau tempat dilaksanakannya sholat Id bagi yang mampu. Selain itu, disunnahkan juga untuk berangkat lebih awal agar mendapatkan barisan paling depan dan bertakbir bersama jamaah yang lain.

6. Makan Setelah Sholat Idul Adha

Jika di hari raya Idul Fitri, umat muslim disunnahkan untuk makan sebelum melaksanakan sholat Id. Sementara pada Hari Raya Idul Adha, umat muslim disunnahkan untuk makan setelah selesai melaksanakan sholat Id.

Itulah beberapa sunah saat Idul Adha mulai dari sebelum hingga setelah salat Ied.

Sumber: suara.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here