Monday, 22 April 2024
HomeKabupaten BogorAMBS Sebut Pembangunan Jalan Tol Puncak-Caringin Bisa Mematikan Ekonomi Rakyat

AMBS Sebut Pembangunan Jalan Tol Puncak-Caringin Bisa Mematikan Ekonomi Rakyat

Bogordaily.net – Rencana pembangunan jalan tol – Caringin, Kabupaten Bogor yang digaungkan pemerintah pusat tak melulu mendapat dukungan, melainkan kritikan dari masyarakat, salah satunya dari Aliansi Masyarakat Bogor Selatan (AMBS).

Aliansi yang mewakili warga Bogor Selatan itu menilai pembangunan Jalan Tol dari ke Caringin dan sebaliknya dengan panjang 18 kilometer itu dinilai tidak pro rakyat.

Artinya, hanya kepentingan belaka tanpa melihat dampak perekonomian rakyat yang selama ini mencari nafkah melalui jualan kecil di pinggir jalan.

“Yang kita inginkan jalan tembus itu bentuknya bukan jalan tol, tapi bentuk yang bisa digunakan oleh masyarakat lokal. Artinya kalau jalan tol yang jelas banyak kerugian masyarakat, khususnya para pedagang kaki lima yang notabene kebutuhan makannya dari situ. Tetapi kalau jalan tol secara otomatis hanya menguntungkan orang-orang tertentu saja,” ungkap Wakil Sekretaris AMBS, Azet Basuni kepada wartawan, belum lama ini.

Ia melanjutkan, seharusnya solusi dalam mengurai kemacetan itu bukan dibangunkannya jalan Tol, tetapi seyogyanya pemerintah cukup melebarkan jalan yang sudah ada, mulai dari Cisarua atau jalan dari Citeko menuju jalur alternatif ke Pasir Muncang, kemudian ke Cibeduk hingga Caringin tinggal dibuka jalurnya dengan pelebaran jalan.

“Jadi, poinnya adalah dilebarkan jalan tembus yang dari cisarua, citeko yang mengarah ke pasir muncang alternatif terus juga ke cibeduk dan ke caringin itu kan tinggal di buka saja jalur-jalur yang sudah ada dilebarkan, diperbaiki dengan sebaik-baiknya,” ujarnya.

Bukan itu saja, Ia juga menyampaikan pembangunan jalan tol -Caringin sepanjang 18 kilometer itu pastinya menelan anggaran yang besar, apalagi ketika diserahkan kepada swasta maka yang diuntungkan tentu pihak swasta.

“Nah masyarakat diuntungkan enggak di situ?. Engga diuntungkan. Secara otomatis kami minta kepada pemerintah pusat mengkaji kembali untuk pembuatan jalan tol Caringin- ,” tegasnya*

(Heri Supriatna)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here