Friday, 29 March 2024
HomeBeritaAmbulans Indonesia Jadi Percontohan Negara Lain di Arab Saudi

Ambulans Indonesia Jadi Percontohan Negara Lain di Arab Saudi

Bogordaily.net– Membanggakan! Ambulans Indonesia menjadi percontohan negara lain di . Salah satu negara yang diminta untuk mencontoh Indonesia adalah negara Maroko.

Ambulans dari Indonesia mendapatkan sertifikat Hilal Ahmar. Sertifikat ini merupakan syarat bagi kendaraan yang ingin beroperasi di puncak .

“Dua hari kemarin kami diperiksa di Hilal Ahmar. Alhamdulillah memenuhi syarat. Artinya ambulans kita, utamanya nanti ketika puncak armuzna, dapat beroperasional di daerah Masyair (Arafah-Muzdalifah-Mina), karena yang boleh masuk adalah Ambulans yang punya sertifikat itu,” kata koordinator ambulans, dr. Mamang Bagiansyah, SpPD, dalam keterangan yang dilansir dari Suara.com.

Sertifikasi dikeluarkan bagi kendaraan yang memenuhi baik syarat fisik maupun fungsi. Sertifikasi ini ditandai dengan penempelan sticker pada ambulans.

Syarat fisik yang harus dilengkapi di antaranya adalah usia kendaraan tidak boleh lebih dari 5 tahun. Sementara syarat fungsi yang harus dipenuhi lanjut dr. Mamang, di antaranya adanya kelengkapan seperti tas emergency, tas tabung oksigen besar dan kecil, main strecher, stretcher lipat, alat suction, tensi, obat obat, DC shock, obat obatan, intubasi, stick gula darah, kasa, hand scone, masker, manset dan sebagainya.

“Ada spinal board juga, Papan untuk angkat pasien dengan cedera spinal, ada untuk head imobilizer. Kurang lebih 60 item yang harus kita penuhi,” jelasnya.

Salah satu negara yang diminta untuk mencontoh Indonesia adalah negara Maroko.

“Kebetulan ada negara lain, Maroko yang melakukan sertifikasi bersama Indonesia. Mereka ada 3 ambulans, itu belum lulus, sampai ditunjukkan ambulans kita. Alhamdulillah jadi contoh,” imbuhnya.

Sementara itu selama fase Armuzna, ambulans akan digunakan sebagai operasional untuk mobilisasi pasien baik di pos kesehatan di Arafah, Muzdalifah maupun Mina.

“Di arafah misalnya, ada pos-pos kesehatan, begitu ada masalah kesehatan jemaah, mobilisasi di situ untuk emnjemput pasien, dibawa ke KKHI atau untuk rujukan ke RSAS,” katanya.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here